Studi Kasus – Strategi Pemasaran yang Ampuh dari Bank Mandiri

Perusahaan perbankan di Indonesia memang menjadi salah satu bagian penting untuk perekonomian. Hampir semua masyarakat membutuhkan jasa dari bank di Indonesia dan ada cukup banyak perusahaan perbankan yang tumbuh pesat di Indonesia.

Salah satu bank terbesar dan selalu memberikan pelayanan maksimal pada nasabahnya adalah bank Mandiri. Bank Mandiri didirikan pada tahun 1998 karena adanya program restrukturisasi perbankan oleh pemerintah.

Hingga saat ini bank Mandiri tetap tumbuh pesat sekalipun banyak bank-bank lainnya yang lebih besar dan lebih tua usianya. Banyak keberhasilan yang diraih oleh bank Mandiri dan salah satunya adalah keberhasilan dalam penyelesaian implementasi sistem baru berupa sistem teknologi interface tunggal yang bis dinikmati oleh nasabahnya di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini nasabah corporate yang dimiliki oleh bank mandiri masih tetap mewakili perekonomian yang paling utama di Indonesia. Kini bank Mandiri menjadi bank yang besar dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

Perusahaan perbankan ini telah memberikan pelayanan terbaik dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat melalui produk yang ditawarkannya.

Bank Mandiri memiliki banyak produk layanan yang banyak diminati masyarakat. Melalui layanan Mandiri Global Trade, perusahan perbankan Indonesia ini mampu meningkatkan perdagangan Internasional . Tentu saja dengan adanya layanan Global Trade yang membantu eksportir dan importer ini, para pelaku bisnis yang ada di Indonesia akan dimudahkan dalam transaksi ekspor dan import yang dilakukan secara online.

Bagaimana dengan pemasaran bank Mandiri?
Mengingat banyak sekali nasabah bank Mandiri, pasti banyak orang terutama pebisnis yang bertanya-tanya bagaimana bank besar tersebut bisa memasarkan produknya secara luas?

Bank Mandiri memang memiliki strategi pemasaran yang luar biasa, bank ini menjadi salah satu bbank besar yang ada di Indonesia selain bank BCA, BRI,BNI, CIMB Niaga, Bank Permata dan bank lainnya.

Langkah yang dilakukan untuk pemasaran bank Mandiri memang bukan sembarangan, mengaingat bahwa perkembangan perbankan di Indonesia sangat pesat dan bank Mandiri tidak mau kalah dengan bank lainnya.
Berikut adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank Mandiri

1. Produk perbankan yang lengkap
Jika ingin memberikan layanan terbaik bagi nasabah, pastinya semua bank harus memberikan layanana lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jadi, sebelum mengeluarkan produk, bank Mandiri telah mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

Setelah itu produk yang dibutuhkan masyarakat dikeluarkan dan dipromosikan. Beberapa produk perbankan yang dimiliki oleh Bank Mandiri diantaranya adalah Mandiri KTA, Mandiri Tabungan Rencana, Mandiri Kartu Kredit, Mandiri Tabungan, Mandiri KPR dan juga layanan lain yang dibutuhkan nasabah untuk transaksi online.

Mandiri memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk bertransaksi online dengan pengguna internet lainnya dengan memberikan layanan internet banking yang mudah dan cepat.

2. Akses yang cepat dan tepat
Karena banyaknya kantor cabang yang dimiliki oleh bank Mandiri, perusahaan tersebut memberikan akses yang cepat dan tepat kepada nasabah dengan mengunjungi www.bankmandiri.co.id. Perluasan jaringan elektronik yang dilakukan oleh bank Mandiri tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan transaksi dan juga informasi nasabah dan calon nasabah di seluruh Indonesia. Jaringan elektronik lainnya adalah dengan banyaknya ATM bank Mandiri hampir di semua kota di Indonesia bahkan di pelosok nusantara pun ATM tersebut didirikan.

3. Pelayanan yang memuaskan
Pelayanan yang memuaskan dari karyawan dan karyawati bank Mandiri kepada nasabah yang melakukan transaksi offline,hal ini juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif.

Pelayanan yang terbaik tersebut dimulai dari kenyamanan parker para nasabah yang aman dan luas, pelayanan dari security yang ada did depan pintu kantor yang membukakan dan menutup pintu ketika ada nasabah datang. Mulai dari petugas parkir hingga karyawan dan karyawati yang ada di dalam kantor memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya.

4. Media promosi yang tepat
Bank mandiri memilih media promosi yang tepat diantaranya adalah dengan menggunakan pemasaran online dan offline.Pemasaran online ini dilakukan dengan membuat website yang professional dan canggih untuk memuaskan nasabah. Sedangkan pemasaran offline dilakukan dengan membuat brosur yang menarik dan tenaga marketing yang handal dan professional.

Slide1
Slide1