Studi Kasus Bisnis – Strategi Bisnis Bank Danamon

Bank Danamon terkenal dengan simpan pinjamnya, banyak orang yang mengenal bank tersebut sebagai bank simpan pinjam, padahal masih banyak layanan lain yang dimiliki bank ini. Damanon tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang memberikan layanan kredit yang cukup baik kepada nasabahnya.

Banyaknya lembaga keuangan yang juga memberikan penawaran kredit kepada masyarakat saat ini tidak menyurutkan kinerja dan kehandalan bank Danamon untuk mendapatkan simpati dan minat masyarakat. Apa yang menyebabkan Damanon tetap tumbuh menjadi bank yang sukses dan bisa bersaing dengan bank-bank lainnya? Strategi pemasaran yang tepat itulah yang menjadi kunci keberhasilan bank dalam bersaing.

Sebenarnya masih banyak bank-bank besar lainnya yang ada di Indonesia dan juga memberikan produk yang jauh lebih unggul. Namun, Danamon mampu menjalankan strategi bisnis yang tepat terutama strategi pemasaran yang dilakukan oleh Sumber Daya Manusia didalamnya.

Teknologi saja,hal ini tidak cukup untuk menjadikan bank tersebut menjadi besar sampai saat ini.

Sumber daya manusia juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bagi bank Danamon. Simpan pinjam yang ada pada bank ini merupakan salah satu sumber pendapatan apalagi jika kredit yang ada pada bank ini tidak mengalami kemacetan sama sekali. Danamon menerapkan kredit mikro yang dikhususkan untuk kalangan menengah kebawah. Bank Danamon membuat program kredit mikro ini untuk membantu para pengusaha yang menjalankan usaha mikro.

Sampai saat ini memang banyak anggapan bahwa usaha mikro itu susah berkembang, perkembangan usaha ini snagat bergantung pada besarnya modal yang dimiliki oleh pengusahanya.

Fenomena inilah yang membuat bank Danamon memberikan celah positif dan sangat membantu para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan modal. Peran bank ini untuk membantu usaha mikro-lah yang membuatnya menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan dana cepat dan tepat.

Beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank Danamon diantaranya:

1. Memperluas unit layanan
Unit layanan yang masih terbatas tentu akan menyulitkan masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman kredit ataupun memilih program yang disesiakan bank.

Namun, bank Damanon memiliki strategi pemasaran yang tepat dimana banka sekali unit layanan yang dibangun. Unit layanan tersebut bukan hanya ditingkatkan untuk pulau Jawa, namun Danamon juga meningkatkan jumlah unit pelayanan yang ada di luar Jawa. Dibandingkan dengan menambahkan kantor cabang baru, bank Danamon lebih menyukai menambah unit pelayanan. Unit pelayanan ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan membuka kantor cabang baru.

2. Proses pengajuan kredit sangat mudah
Bank memberikan kredit kepada masyarakat atau calon nasabahnya, hal ini juga melalui pertimbangan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur.

Ada beberapa bank yang kadang memberikan persyaratan kredit yang cukup sulit bagi calon debitur tersebut. Calon debitur akan lari atau megundurkan diri dari pengajuan pinjamannya bila persyaratan pengajuan kredit terlalu susah. Namun, bank Danamon justru memberikan syarat pengajuan kredit yang cukup mudah, cepat dan nyaman. Bank Danamon memahami keinginan konsumennya, keinginan calon debitur untuk mendapatkan pinjaman.

3. Pelayanan yang terbaik dari para staff
Bank Danamon juga memberikan pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat yang datang langsung pada unit layanan simpan pinjam maupun kantor cabang. Dengan pelayanan yang ramah, cepat dan tepat dari staff, masyarakat pun akan semakin antusias untuk menggunakan layanan dari Danamon. SDM bank ini memang sangat diperhatikan, ada berbagai pelatihan yang dikhususkan untuk semua staff, hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabah.

4. Kerjasama yang baik
Bukan hanya menjalankan strategi pemasaran di atas, bank Danamon juga menjalin kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk memperluas layanan , pada umumnya Danamon akan terjun di masyaratan dengan menjalin kerjasama UKM. Dengan kerjasama tersebut maka masyarakat kecil akan mengenal dan mengetahui apa saja produk Danamon yang mereka inginkan. Dengan alasan sektor keuangan mikro merupakan sektor yang paling tepat untuk dijadikan peluang yang snagat menjanjikan. Peluang ini membuat bank Danamon sukses menjadi salah satu bank pemberi kredit mikro yang aman, cepat dan tepat sasaran.’

Slide1
Slide1