Strategi Pengembangan Kompetensi SDM Perbankan

Bagaimana bank bisa menjadikan dirinya maju diantara pesaingnya, apakah bank harus memiliki modal yang cukup besar untuk bisa mengalahkan pesaing lain? Pada umumnya, modal memang menjadi bagian dari setiap usaha, namun modal bukanlah segalanya, masih ada SDM yang juga penting untuk menjalankan operasional dalam perusahaan.

Semua perusahaan pasti membutuhkan SDM atau sumber daya manusia yang handal dan siap bersaing dengan perusahaan lainnya. Perbankan pun tidak akan lepas dari adanya SDM yang benar-benar tangguh dan siap kerja. Sumber daya manusia adalah pengerak usaha bagi bank, jika tidak ada sumber daya manusia, pastinya bank tidak akan bisa beroperasional.

Namun, bukan sembarang SDM yang dibutuhkan dan digunakan oleh bank, ada cukup banyak kritera yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut agar mereka bisa menempati kedudukan yang bagus pada bank.

Pihak perbankan pun juga tidak akan mau menggunakan SDM yang payah, tidak bisa bekerja dengan professional dan memiliki loyalitas rendah. Hampir semua perusahaan perankan saat ini memiliki SDM yang handal, hal ini akan berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan kepada nasabah.

Pada akhirnya bank bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Perusahaan perbankan harus bisa menyiapka sumber daya manusia yang benar-benar handal sedari dini agar bisa menghadapi persaingan dunia perbankan yang semakin ramai.
Bagaimana kriteria SDM yang diharapkan oleh bank pada umumnya?

Bank bukan hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pembiayaan kredit saja, namun bank juga memberikan layanan jasa lain yang dibutuhkan masyarakat seperti halnya transfer sesama rekening, transfer antar rekening, melakukan kliring, RTGS, Giro dan lainnya.

Dengan cukup banyaknya transaksi yang ada saat ini maka bank bisa memilih SDM yang benar-benar siap dan mampu untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan seperti di atas. Faktor pelayanan yang diberikan karyawan bank kepada nasabah akan menentukan kesuksesan bank tersebut baik saat ini maupun di amsa mendatang.

Bank tidak segan-segan untuk melakukan berbagai macam tindakan untuk mendapatkan SDM yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bank saat ini. Manajemen SDM adalah salah satu bagian penting dari pengembangan SDM agar lebih produktif dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia tersebut, bagian kepegawaian bank akan lebih mudah untuk melakukan beberapa tindakan agar bisa mengelola SDM dengan baik. Bank bisa memberikan pelatihan dan pengembagan karyawan secara terus-menerus agar kemampuan karyawan semakin meningkat.

Beberapa manajemen SDM dalam perbankan diantaranya adalah:

Perencanaan staff
Pihak bank bisa melakukan perencanaan staff baik untuk saat ini maupun untuk masa mendatang. Perencanaan staff ini juga bertujuan untuk merekrut berbagai SDM yang dibutuhkan dari berbagai backgroud pendidikan yang dibutuhkan pihak bank.

Selanjutnya dengan perencanaan staff tersebut, bank bisa dengan mudah untuk memperbaiki mutu SDM yang dimilikinya. Perencanaan sumber daya manusia ini juga serng dilakukan untuk mengantisipasi adanya karyawan yang pengundurkan diri, pendiun, karyawan yang diberhentikan oleh bank, karyawan yang sakit atau meninggal dunia.

Analisa pekerjaan
Manajemen SDM perbankan juga meliputi bagaimana bank menganilisa dan membuat desain pekerjaan yang harus dikerjakan oleh masing-masing staff, bagaimana cara mengerjakan perkerjaan tersebut dengan benar dan tujuan pengerjaannya.

Rekruitmen dan seleksi staff
Untuk menjadi staff perbankan di Indonesia memang bukan hal yang mudah, apalagi pihak manajemen bank juga membutuhkan staff yang benar-benar handal. Bank bisa melakukan rekruitmen dan seleksi staff yang dibutuhkan dengan cara menarik beberapa pelamar melalui surat lamaran kerja mereka. Setelah itu diadaka seleksi dengan beberapa syarat yang ditentukan oleh bank.

Rekruitmen tersebut bisa melalui ujian tertulis, kemudian walk-interview, melalui media cetak dan internet, melalui burssa tenaga kerja, open house dan juga bisa melalui pembaga pendidikan.

Pelatihan dan pengembangan staff
Setelah mendapatkan staff bank bisa melakukan pelatihan dan juga pengembangan staff melalui on the job training, pengembangan karyawan melalui pendidikan tertentu, transfer bagian satu ke bagian lainnya agar masing-masing memiliki pengalaman, promosi jabatan dan juga peningkatan prestasi kerja.

Slide1
Slide1