Strategi Pemasaran Bank BRI dalam Microfinance

Indonesia boleh bangga dengan banyaknya bank yang ada saat ini dan pertumbuhan dunia perbankan yang sanat pesat seperti jamur.

Bank BRI menjadi salah satu bank yang patut diperhitungan di Indonesia, hal ini karena usia bank tersebut yang sdah cukup lama dan eksistensinya dalam dunia perbankan terutama untuk produk simpan pinjam. Bank BRI memainkan peranan penting dalam hal kredit UMKM yang ada saat ini.

Banyak masyarakat terutama mereka yang menjalankan usaha mikro yang mebutuhkan dana, hal ini memicu bank BRI untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha tersebut untuk mendapatkan dana dengan mudah dan cepat.

BRI hingga saat ini dikenal menjadi market leader dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraihnya. BRI tidak akan pernah lengah dengan bayaknya perusahaan perbankan ynag juga memainkan peran dalam hal kredit mikro.

Bank ini terkenal sebagai bank yang merakyat, pasalnya banyak masyarakat pedesaat yang jauh lebih dekat dengan bank ini dibandingkan dengan bank lainnya. Sebelum banyak perusahaan perbankan yang memainkan peran untuk penyalur dana kredit mikro, BRI hanya bersaing dengan BPR yang memiliki modal yang pas-pasan.

Modal BRI jauh lebih besar dibandingkan dengan BPR-BPR tersebut sehingga untuk menguasai pasar pun sangat mudah. Dengan banyaknya perusahaan perbankan yang memainkan peranan kredit mikro tersebut, BRI harus diap untuk bersaing dengan mereka dengan berbagai hal.

Pesaing boleh saja meniru beberapa sistem yang dijalankan oleh BRI, namun yng sulit ditiru pesaing adalah SDM yang dimiliki oleh BRI. BRI memiliki jumlah unit yang cukup banyak, bahkan di pelosok pedesaan pun sudah banyak unit yang akan melayani masyarakat yang membutuhkan dana.

Berikut beberapa strategi pemasaran yang dilakukan BRI dalam kaitannya dengan microfinance:

1. Peningkatan kualitas kerja
Untuk meningkatkan kualitas kerja yang ada di BRI, manajemen harus memberikan dukungan yang lebih.

Manajemen harus lebih ketat dalam hal perekutan karyawan yang potensial, selain itu manajemen harus melakukan pelatihan dan pendidikan serta memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Hal ini akan memberikan peningkatan kerja yang lebih efektif bagi BRI. Kinerja pegawai yang bagus akan berdampak positif pada nasabah bank tersebut.

2. Peninkatan kepuasan kepada nasabah
Kepuasan nasabah sangat penting, hal ini adalah salah satu bentuk pemasaran yang efektif. Jika nasabah tidak puas dengan kinerja staff BRI, maka mereka tidak akan mau lagi penggunakan produk dan juga bertransaksi di bank tersebut.

Kepuasan nasabah bisa ditingkatkan dengan pelayanan yang baik dan juga memberikan tingkat suku bunga yang rendah dibandingkan dengan perusahaan perbankan lainnya.

3. Peningkatan terhadap penawaran
BRI melakukan peningkatan penawaran yang lebih baik dari perusahaan perbankan lainnya agar bisa membina dan menjaga nasabahnya agar tidak beralih pad aperusahaan perbankan lainnya.

Saat ini sudah banyak perusahaan perbankan yang memberikan kemudahan dalam hal kredit terutama kredit mikro, hal ini tentu menjadi salah satu ancman bagi BRI. Namun, strategi pemasaran yang dilakukan BRI adalah menggandeng, membina dan mempertahakan nasabahnya untuk tetap menggunakan produk yang ditawrkan oleh BRI.

4. Sistem penjualan melalui pola CPP
Untuk meningkatkan penjualan produk agar bisa mendapatkan lebih banyak konsumen, BRI melakukan pola penjualan CPP. Pola CPP memang cukup bank namun kadang mantri bank harus mendatangi langsung nasabah dan mencari alamat nasabah yang bersangkutan. Sistem pejualan dengan pola CPP ini sebenarnya cukup efektif, namun tidak jarang pelaksanaannya bisa kurang efektif.

5. Produk yang terus ditingkatkan
Produk yang ditawarkan oleh BRI terus menerus ditingkatkan, hal ini harus sesuai dengan keinginan masyarakat. Masyarakat membutuhkan pelayanan yang terbaik untuk semua produk yang diberikan bank, hal ini dilakukan BRI dengan membuat produk yang bisa diterima oleh masyarakat dan memang dibutuhkan oleh mereka.

6. Hadiah
Bukan hanya menjalankan promosi saja, BRI pun juga tak segan-segan memberikan hadiah kepada nasabahnya yang telah setia menggunakan produk yang ditawarkan oleh BRI. Hadiah adalah salah satu promosi yang cukup mudah dan memberikan hasil yang bagus untuk kedepannya.

Slide1
Slide1