Etika bagi Para Bankir dan Profesi Bankir

Banyaknya lulusan perguruan tinggi saat ini tidak menjamin mereka untuk bisa mendapatan pekerjaan dengan mudah. Bahkan, ada cukup banyak sarjana yang menganggur, mengapa demikian?

Perusahaan tidak akan mempekerjakan karyawan jika mereka tidak memiliki kemampuan dan pendidikan yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan. Hal ini juga terjadi pada perusahaan perbankan, banyak orang yang menginginkan posisi sebagai karyawan bank karena gajinya relatif tinggi.

Profesi bankir memang menjadi incaran banyak orang terutama wanita. Untuk menjadi karyawan bank, hal ini tidak mudah karena bank pun juga menerapkan etika yang harus dijalankan saat bekerja. Bekerja di bank harus bisa memberikan layanan yang baik bagi nasabah.

Pada umumnya, bekerja di perusahaan manapun pasti harus memperhatikan dan menjalankan etika yang baik. Etika mutlak diperlukan dilingkungan mana saja bukan hanya di bank, namun dimana saja etika tetap akan digunakan.

Etika baik akan menjadikan perilaku manusia menjadi baik dan tidak merugikan orang lain. Nilai-nilai etika harus bisa menjadi landasan ataupun dasar pertimbangan untuk tiap tindakan manusia. Profesi bankir pun juga harus menerapkan etika untuk melayani nasabah dengan baik.

Bankir adalah profesi yang dimiliki seseorang yang bekerja di bank baik dia yang menjalankan pekerjaan di bidang operasional perbankan maupun non operasional perbankan. Menjadi seorang bankir pun hal ini tidak mudah, pengetahuan saja belum bisa untuk memberikan kepuasan kepada nasabah.

Mengingat begitu banyak perusahaan perbankan yang berusaha untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya, tiap-tiap bank harus memiliki karyawan yang memiliki kompetensi unggul.

Bankir harus bisa bekerja secara professional, hal ini memah harus dilakukan oleh mereka agar bisa bersaing dengan perusahaan perbankan lainnya.

Bankir harus bisa bekerja secara professional, untuk menjadi seorang yang professional menjalankan pekerjaan di dunia perbankan, bankir harus memiliki integritas yang tinggi. Seorang bankir professional harus memiliki pengetahuan, keahlian dan juga wawasan yang luas untuk menjalankan manajemen yang baik dan menyelesaikan pekerjaannya secara professional.

Untuk menjadi bankir yang professional memang bukan hal yang mudah, sekalipun demikian banyak orang yang menyukai pekerjaan sebagai bankir. Profesi bankir memang cukup menjanjikan baik dilihat dari segi ekonomi maupun sosial.

Seorang bankir yang menduduki jabatan manajer cabang, dia bisa mendapatkan gaji diatas 25 juta rupiah, bahkan bisa lebih dan mendapatan fasilitas lainnya. Dari segi sosial, menjadi seorang bankir tentu dianggap sebagai profesi yang cukup menjanjikan dan baik.

Agar bisa menjadi bankir yang professional, pendidikan saja tidak cukup, bankir harus memiliki kemampuan dan memiliki motivasi yang tinggi. Selain itu bankir juga harus siap dan mau menerima tekanan dari pihak intern bank maupun dari pihak ekstern.

Dalam perbankan, etika bankir wajib dipatuhi oleh semua bankir, jadi tidak hanya oleh karyawannya namun manajer cabang dan bagian atas lainnya juga harus memperhatikan etika tersebut. Beberapa etika yang harus diterapkan dalam bank adalah bank wajib memberi laporan kepada BI untuk mengetahui posisi kegiatan ekonomi yang dijalankannya.

Dalam hal keuangan, bank memiliki kewajiban untuk memberikan informasi laporan keuangannya setiap tahun yang diterbitkan pada media cetak untuk konsumsi masyarakat. Sedangkan beberapa etika pelayanan bankir yang juga wajib dijalankan adalah sikap serta perilakunya, penampilannya, cara bankir mengenakan pakaian, bagaimana seorang bankir berbicara kepada nasabah dan bagaimana bankir mempertahankan nasabahnya.

Etika bankir memang sangat besar manfaatnya bagi seorang bankir, mengingat profesi bankir bukanlah hal yang mudah, hal ini menjadikan seorang yang ingin menjadi bankir harus bisa menjalankan etika dengan baik. Etika bankir bagi seorang bankir memberikan rasa percaya diri, disegani dan juga dihormati oleh rekannya dan juga oleh nasabahnya.

Menjadi bankir pun juga harus bisa menarik calon nasabah agar bisa menajdi nasabahnya. Hampir semua bank yang ada di Indonesia memiliki bankir yang professional, bahkan bank selalu mengupayakan untuk memberika pelatihan dan training kepada sebua bankirnya agar lebih professional dan siap bersaing. Dengan mererapkan etika bankir dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, profesi seorang bankir bisa menjadi profesi yang luar biasa.

Slide1
Slide1