Cara Menyusun Strategi dan Program Pemasaran Bank

Hampir seluruh perusahaan yang bertujuan untuk mencari keuntungan, mereka selalu melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran memang sangat penting agar perusahaan bisa menjual produknya pada masyarakat dan mendapatkan keuntungan.

Dalam perbankan pun juga demikian, pemasaran sangat penting agar bank bisa mendapatkan keuntungan. Berbagia produk bank yang telah dibuat oleh bank harus dipasarkan dengan baik agar bisa menghasilkan pendapatan.

Pemasaran perbankan pun harus dikelola dengan baik dan professional sehigga apa yang diharapkan konsumen bisa terpenuhi. Perusahaan perbankan memang harus melakukan pemasaran yang professional sekaligus harus membuat manajemen pemasaran yang tepat dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebagai perusahaan jasa yang menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan, bank juga harus memperhatikan etika dalam hal tersebut.

Bank harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya ataupun calon nasabah. Bank harus bisa memberikan kepuasan yang terbaik bagi nasabahnya, Kepuasan nasabah tersebut merupakan keharusan bagi bank yang bisa dilakukan dengan pengeolaan pemasaran yang tepat dan lebih professional.

Pengelolan dalam pemasaran perbankan yang lebih professional merupakan manajemen pemasaran bank. Manajemen pemasaran pada bank ini akan semakin baik jika peran sumber daya manusia yanga dan didalamnya juga turut aktif.

Pemasaran perbankan merupakan proses pemasaran berbagai jenis produk bank yang bertujuan untuk menciptakan kegiatan operasionaldalam rangka mendapatkan keuntungan.

Bank melakukan pemasaran yang dikelola dengan baik dalam manajemen pemasaran perbankan ini pastnya memiliki tujuan. Bahkan semua perusahaan tidak akan mungkin melakukan pemasaran tanpa adanya tujuan. Kadang pemasaran yang dilakukan bank memang harus dengan mengeluarkan dana, baik untuk membayar iklan, membuat brosur, poster dan membuat sarana lainnya untuk tujuan pemasaran tersebut.

Efektif tidaknya pemasaran akan sangat bergantung dari metode atau startegi yang dilakukan pihak bank tersebut.

Beberapa tujuan pemasaran perbankan diantaranya:
• Untuk memenuhi kebutuhan nasabah atas produk atau layanan jasa bank yang diinginkan mereka
• Memaksimalkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan bank
• Meningkatkan omset yang diharapkan
• Agar bisa menguasai pasar perbankan
• Dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin ketat
• Dalam rangka untuk memperluas jaringan bisnis

Dalam pemasaran perbankan ini, nasabah membutuhkan beberapa hal dari bank yang bersangkutan. Nasabah selalu menginginkan kebutuhan layanan jasa atau produk bank yang sesuai dengan keinginan dan mereka butuhkan baik saat itu maupun dimasa yang akan datang.

Nasabah pun juga ingin dihormati dan merasa dihargai oleh bank. Untuk melakukan pemasaran yang baik dan sesuai dengan keinginan nasabah tersebut, bank harus melakukan beberapa hal diantaranya melakukan manajemen pemasasaran yang baik dan dikelola secara continue.

Bank bisa menerapkan beberapa konsep pemasaran agar bisa menghasilkan profit yang benar-benar luar biasa. Beberapa konsep pemasaran tersebut diantaranya adalah konsep produk, konsep penjualan dan juga konsep pemasaran.

Dalam hal konsep produk, bank harus memperhatikan produk yang akan diluncurkan, apakah produk tersebut sesuai yang diharapkan oleh nasabahnya ataukah tidak. Sebelum memasarkan produk, bank bisa melihat atau mengamati apa yang dibutuhkan nasabah kemudian membuat produk yang diharapkan nasabah tersebut. Dengan cara ini maka bank bisa memasarkan produknya dengan mudah dan tepat sasaran.

Sedangkan konsep manajemen penjualan, hal ini berhubungan dengan nasabah dimana nasabah cenderung tidak akan membeli beberapa produk perbankan. Konsep penjualan ini lebih sering digunakan untuk produk asuransi, dan bank kadang juga memiliki produk asuransi yang bermanfaat untuk nasabahnya. Dilihat dari konsep pemasaran, hal ini juga erat kaitannya dengan sasaran pemasaran.

Sasaran pemasara bank adalah nasabah atau masyarakat yang belum menjadi nasabahnya. Penerapan manajemen pemasaran bank yang efektif akan memudahkan bank untuk mendapatkan lebih banyak nasabah.

Bank bisa lebih meningkatkan pemasarannya dengan meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki. Secara umum yang menjalankan pemasaran adalah SDM, sekalipun banyak teknologi yang mendukung pemasaran tersebut, namun tetap saja sumber daya manusia tetap dibutuhkan.

Manajemen pemasaran pada bank yang efektif, hal ini akan meningkatkan masa depan yang lebih baik pada bank tersebut. Dibutuhkan peranan pimpinan dan staff pemasaran bahkan semua pihak yang terkait dalam bank untuk melaksanakan manajemen pemasaran yang efektif dan professional.

Slide1
Slide1