Cara Menyusun Strategi Bersaing Corporate Banking

Masing-masing Bank memiliki strategi yang berbeda untuk mengalahkan pesaingnya, namun dalam konteks yang umum, semua strategi tersebut digunakan untuk meningkatkan penjualan dan juga untuk mempertahankan perusahaan agar tidak kalah dengan perusahaan lainnya.

Banyaknya perusahaa perbankan saat ini pastinya memberikan berbagai hal yang lebih menarik, persaingan, produk baru, produk baru sebagai pesaing dan juga tingkat bunga yang ditawarkan oleh perusahaan perbankan kepada nasabah.

Strategi corporate banking untuk pemasaran produk jasa atau layananan lainnya memang berbeda, satu bank dengan bank lainnya memiliki cara berbeda untuk menarik konsumen agar menggunakan produknya. Pada umumnya, pasar tentu akan memilih produk yang hanya dibutuhkan saja, hal ini juga berlaku untuk corporate banking.

Perusahaan perbankan bisa saja mengeluarkan produk layanan jasa yang bervariasi kepada masyarakat, namun hal ini bukanlah cara terbak untuk menarik konsumen. Bank perlu melakukan strategi terbaik untuk meningkatkan jumlah pelanggannya atau jumlah nasabahnya tanpa harus mengeluarkan produk yang sia-sia. Mengeluarkan produk yang banyak dipasaran, hal ini bukanlah cara yang tepat karena masyarakat hanya memilih produk yang mereka butuhkan saja. Mereka bsia saja memilih produk lain, hal ini karena produk yang diinginkan tidak ada.

Kadang produk yang dikeluarka oleh corporate banking tidak bisa jalan dipasaran alias macet. Pada umumnya produk yang dikeluarkan oleh semua perusahaan perbankan itu hampir saja, hanya saja strateginya yang berbeda.

Beberapa kendala dalam pemasaran produk corporate banking diantaranya adalah:

• Produk tidak dikenal
• Produk tidak bisa bersaing di pasaran
• Faktor SDM yang tidak bisa memasarkan produk dengan baik
• Produk tidak dibutuhkan masyarakat
• Jangkauan pemasaran yang relatif kecil
• Sistem yang digunakan tidak tepat

Beberapa kendala yang sering dialami bank di atas merupakan masalah yang harus segera diatasi oleh pihak bank. Pemasaran yang kurang tepat akan berakibat buruk bagi perekonomian bank, bahkan bank akan semakin terpuruk dengan keadaan ini jika tidak segera di atasi. Strategi corporate banking untuk memasarkan berbagai produknya memang harus dimaksimalkan, dibuat seefektf dan semudah mungkin. Kadang pihak manajemen merancang strategi yang dirasa bagus,namun pelaksaaannya oleh staff pemasaran dirasa sangat sulit, hal ini juga memberikan dampak tidak baik bagi perusahaan.

Berbagai layanan produk yang sering dikeluarkan oleh bank yang ada dipasaran saat ini memang tak jauh beda satu bank dengan bank lainnya.

Salah satu produk corporate banking yang paling banyak dibutuhkan masyarakat adalah kredit. Jenis-jenis kredit yang dipasarkan saat ini diantaranyaa dalah kredit modqal kerja, kredt investasi dan juga kredit agunan deposito. Produk satu ini memang banyak dibutuhkan masyarakat dan tentu saja sampai kapan pun produk satu ini tetap dibutuhkan. Untuk itu, bank harus bisa menjalanka strategi yang baik untuk tetap mendapatkan hati para nasabahnya.

Berikut beberapa strategi corporate banking agar bisa bersaing di pasaran:

1. Survey sebelum produk diluncurkan
Sebelum meluncurkan produk, seharusnya memang bank harus melakukan survey terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Survey ini sangat penting untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan masyarakat, setelah itu bank bisa membuat produk yang benar-benar dibutuhkan mereka.

2. Memperkenalkan produk kepada masyarakat
Kendala yang sering dihadapi perbankan adalah produk yang dipasarakan tidak dikenal masyarakat. Salah satu cara terbaik memperkenalkan produk baru kepada masyarakat adalah dengan pameran produk perbankan, dengan iklan di media cetak dan internet ataupun dengan prospek langsung kepada nasabah. Perkenalan produk di masyarakat sangat penting, terutama untuk produk baru.

3. Mutu SDM yang handal
Strategi corporate banking akan semakin efektif dan tepat sasaran bila bank memiliki SDM yang handal dan professional. Sumber daya manusia yang handal serta bisa bekerja dengan professional bisa didapatkan dengan rekruitmen karyawan yang tepat, memiliki pengalaman yang cukup dan juga memiliki kompetensi yang tinggi.

4. Penggunaan teknologi dan internet
Ada cukup banyak teknologi yang bisa digunakan oleh corporate banking untuk pemasaran yang lebih efektif. Teknologi tersebut bisa terlihat dengan banyaknya produk perbankan yang dipasarkan di internet. Internet adalah salah satu media terbaik untuk pemasaran produk demikian juga untuk produk perbankan.

Slide1
Slide1