Cara Menurunkan NPL

Cara Menurunkan NPL
Cara menurunkan NPL banyak diperbincangkan di dunia perbankan. Bagi orang awam yang tidak paham di dunia perbankan tentu bingung dengan pengertian NPL tersebut. NPL adalah non performing loan yang biasa disingkat dengan NPL, NPL merupakan sebuah kunci indikator dalam menilai apakah bank bekerja dengan baik atau tidak atau NPL diibaratkan sebagai kunci dalam menilai fungsi bank. Selama ini bank memiliki fungsi berupa lembaga penghubung atau perantara antara kedua pihak, kedua pihak tersebut adalah orang yang memiliki kelebihan dana dan orang yang membutuhkan dana. Orang yang memiliki kelebihan dana akan menyimpan kelebihan dananya di bank sedangkan orang yang membutuhkan dana akan mencari dana di bank dengan begitu mereka saling terhubung dengan adanya bank.

Hal-Hal Yang Berpengaruh Pada NPL Sebuah Bank
NPL setiap waktunya dapat berubah-ubah dapat naik atau bisa turun. Hal ini tergantung dengan beberapa hal. NPL yang baik dalam sebuah bank ditandai dengan kecilnya persentase rasio dari NPL bank tersebut. Oleh sebab itu banyak bank yang memiliki persentase rasio NPL yang besar berusaha untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan NPL. Sebab semakin besar rasio NPL dalam sebuah bank, semakin menandakan bahwa fungsi kinerja pada bank tersebut bermasalah. Jika fungsinya saja sudah bermasalah maka bank akan semakin terjerat dengan masalah-masalah pelik lainnya. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa berpengaruh pada NPL :

1. Niat Baik Dari Sang Debitur

Kemauan dan niat baik dari debitur lah yang paling penting dan paling berpengaruh pada NPL sebuah bank. Sisi finansial dari debitur juga sangat dipertimbangkan dan berpengaruh pada kemampuannya untuk melakukan pelunasan pokok dan pelunasan bunga pinjaman dari bank. Untuk melakukan pelunasan tersebut diperlukan niat baik dan i’tikad baik dari debitur kepada bank yang memberikannya hutang atau pinjaman.

2. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dapat berpengaruh pada tinggi dan rendahnya rasio NPL pada kegiatan perbankan.

Salah satu hal yang akan berpengaruh pada dunia perbankan adalah kondisi seperti saat ini dimana harga BBM naik daripada sebelumnya, kenaikan BBM ini tentu akan berpengaruh pada perusahaan yang menggunakan BBM pada setiap aktivitas perusahaannya. Setiap kegiatan produksi di perusahaan tersebut akan memerlukan biaya tambahan, biaya itu diambil dari keuntungan yang dianggarkan sebagau pembayaran utnuk mencicil utang dalam pemenuhan biaya tinggi dalam proses produksi.
Perusahaan tersebut pada akhirnya akan mengalami kesulitan dalam melunasi hutang-hutangnya tersebut kepada bank. Selain kebijakan pemerintah adapula kebijakan Bank Indonesia yang berpengaruh pada NPL. Contohnya saja ketika Bank Indonesia mulai menaikkan BI rate. BI rate tersbut akan berpengaruh pada suku bunga kredit pada setiap bank ikut naik, dengan begitu kemampuan para debitur dalam melakukan pelunasan terhadap pokok dan suku bunga akan berkurang.

3. Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi di Indonesia juga berpengaruh bagi kemampuan debitur untuk melakukan pelunasan. Kondisi ekonomi yang akan berpengaruh pada debitur adalah inflasi dan kurs rupiah di Indonesia.

Cara Menurunkan NPL

Dengan meningkatnya NPL akan memiliki pengaruh buruk pada bank. Dampak negatif yang paling terasa adalah modal bank akan semakin berkurang dan semakin sedikit. Dengan sedikitnya modal tersebut bank tidak akan berkembang karena modal yang dikit tidak bisa memberikan pinjaman kepada pihak debitur lain yang membutuhkan dana. Oleh sebab itu banyak pihak bank yang ingin menurunkan angk NPL. Lalu bagaimana cara menurunkannya?, berikut ini caranya :
1. Lakukan penagihan kepada nasabah yang bermasalah atau kepada nasabah yang melakukan terlambat pembayaran.

2. Jika nasabah atau debitur terlambat membayar maka bank berhak untuk melakukan lelang bangunan yang memiliki masalah.

Kedua langkah tersebut dipercaya dapat menurunkan angka NPL. Namun jika terdapat nasabah yang mangkir, pihak bank bisa melakukan langkah nomor dua. Sebelum melakukan pinjaman tentu pihak bank ingin mendapatkan jaminan seperti sertifikat tanah atau sertifikat bangunan. Jika nasabah tersebut mangkir pihak bank bisa melakukan langkah nomor dua dengan melakukan pelelangan terhadap sertifikat jaminan dari nasabah yang bermasalah tersebut. Itulah beberapa cara menurunkan NPL.

Slide1
Slide1