Apa itu Net Interest Margin

Apa Itu Net Interest Margin?
Apa itu Net Interest Margin? Net Interest Margin sendiri mungkin bagi orang awam masih belum dikenal secara baik, namun bagi orang yang bergelut di bidang perbankan, tentu saja hal tersebut merupakan salah satu istilah yang sudah sangat umum. Net Interest Margin sendiri merupakan suatu ukuran yang membedakan antara bunga pendapatan yang mana dihasilkan oleh lembaga keuangan lain ataupun bank dengan nilai bunga yang mana dibayarkan kepada pemberi pinjaman deposito, dan relative terhadap jumlah bunga produktif dari asset.

Dan hal tersebut sedikit mirip dengan yang namanya margin kotor dari perusahaan non financial. Selain itu juga biasanya dikatakan dengan presentase dari mana lembaga keuangan tersebut mendapatkan pinjaman dalam periode dari waktu dan juga asset yang lainnya dikurangi bunga yang telah dibayarkan atas dana pinjaman yang dibadi dengan jumlah dari rata – rata atas aktiva tetap kepada pendapat yang mana diperoleh dalam jangka waktu yang sudah ditentukan yang mana produktif dari rata – rata aktiva.

Untuk margin bunga bersih sendiri mirip dengan konsep yang mana untuk menyebarkan bunga bersih tersebut, namun untuk penyebaran dari bunga bersih itu sendiri merupakan selisih dari rata – rata nominal di antara pinjaman dan juga suku bunga pinjaman yang tidak ada kompensasinya dari kenyataan bahwa dana yang dipinjam dan juga aktiva produktif bisa menjadi alat yang berbeda dan juga berbeda volume. Karena nantinya margin bunga bersih bisa lebih tinggi namun bisa juga lebih rendah dibandingkan dengan penyebaran bunga bersih itu sendiri.

Tujuan Mengetahui Net Interest Margin
Untuk orang yang bergerak di bidang perbankan, apa itu Net Interest Margin sendiri memang harus dikuasai karena jika tidak menguasai dengan baik, tentu saja nantinya tidak akan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Orang yang bergerak di bidang perbankan sendiri harus mengetahui semua hal tentang Net Interest Margin juga memiliki suatu tujuan, oleh karena itu kita juga akan membahas mengenai apa saja tujuan dari mengetahui Net Interest Margin.

Adapun tujuan mengetahui Net Interest Margin untuk orang yang bergerak di bidang perbankan adalah untuk mengevaluasi bank di dalam mengelola berbagai reiko yang mungkin saja terjadi pada suku bunga nantinya. Hal tersebut dalam artian pada saat suku bunga nantinya berubah, tentu saja pendapatan dan juga biaya dari bunga tersebut juga akanterus berubah, dan Net Interest Margin tersebut merupakan ratio yang memang sangat berkaitan dengan kemampuan bank di dalam memanajemen pengelolaan aktiva produktif sehingga nantinya dapat menghasilkan bunga bersih.

Bunga bersih itu sendiri didapatkan dari pendapatan bunga yang mana sudah dikurangi dari beban bunga sehingga jika semakin besar ratio ini tentu saja akan dapat membantu untuk meningkatkan pendapatan bunga atas aktiva yang produktif dan juga sudah dikelola oleh bank dengan baik dan benar.

Dan memang dengan cara tersebut, bank bisa menjadi sehat dan juga terhindar dari adanya berbagai masalah yang bisa saja terjadi kapanpun. Jadi pada intinya adalah nantinya bank sudah bisa mengelola aktiva produtif sehingga dapat menghasilkan bunga bersih dan juga managemen dari bank akan semakin baik karena sudah menerapkan strategi dengan memanfaatkan Net Interest Margin.

Perhitungan Net Interest Margin
Jadi itulah tujuan mengetahui Net Interest Margin untuk orang – orang yang bergerak di bidang perbankan. Namun selain itu seseorang yang bergerak di bidang perbankan juga harus tahu bagaimana perhitungan Net Interest Margin itu sendiri. Untuk menghitung Net Interest Margin sendiri adalah dihitung sebagai presentase yang berasal dari asset dan dikenakan bunga.

Untuk contohnya saja adalah misalnya nasabah meminjam bank dengan rata – rata $100 dalam jangka waktu satu tahun dan mendapatkan pendapatan bunga $6 kemudian bunga yang dibayarkan $3. Untuk penghitungannya sendiri adalah ( $6 – $3 ) / $100 = 3%.

Jadi itulah penghitungan Net Interest Margin, dengan demikian tentu saja nantinya semua strategi yang diterapkan akan berjalan dengan baik dan membantu bank untuk tetap bertahan dan bisa menghadapi suatu masalah kedepannya. Oleh karena itu seseorang yang memang ingin berkecimpung di dunia perbankan, lebih baik mendalami terlebih dahulu mengenai apa itu Net Interest Margin.

Slide1
Slide1