Tugas Manajer Cabang Bank

Tugas manajer cabang bank merupakan wujud dari pendelegasian wewenang dari direktur utama dari sebuah bank yang memiliki beberapa cabang. Manajer cabang ini tugasnya memang sebenarnya sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan direktur bank sendiri sekalipun wewenangnya memang jauh lebih besar wewenang dari direktur bank.

Akan tetapi, dalam hal tugas, manajer bank memang tidak dapat diremehkan sekalipun secara kedudukan jauh di bawah direktur. Manajer bank di cabang-cabang daerah bahkan sering kali mempunyai tugas yang lebih berat karena dituntut untuk menagihkan pendapatan atau mempunyai laba yang sesuai dengan yang ditetapkan dalam rencana. Berikut di bawah ini adalah beberapa tugas manajer cabang bank yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mewakili direktur
Salah satu bentuk pendelegasian wewenang yang diberikan direktur kepada para manajer cabang dalam sebuah bank tercantum dengan jelas dalam fungsi dan tugas dari manajer cabang yang satu ini. Manajer cabang bertugas untuk mewakili direktur dalam segala hal yang terjadi dalam kelangsungan hidup dari bank tersebut serta mempertanggungjawabkan mewakili direktur dalam segala hal baik dalam konteks di dalam dan diluar peradilan di Indonesia selama hal tersebut berkaitan dengan perlaksanaan operasi dari bank tersebut.

2. Memegang rahasia keuangan
Bank sebagai intitusi keuangan tentu saja mempunyai standar keamanan yang sangat tinggi. Oleh karena itu dalam operasi pelaksaan tugas dan fungsi dari bank, manajer cabang haruslah memperhatikan bagaimana menjaga kerahasiaan dari peredaran uang serta rahasia keuangan lain yang dianggap penting sehingga tidak jatuh ke tangan mereka yang kurang bertanggung jawab.

3. Melaksanakan misi cabang
Setiap bank memang memiliki visi yang sama atau tujuan yang sama bahkan hingga ke tiap kantor cabangnya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua kantor cabang memiliki misi yang sama untuk dapat sampai kepada satu visi yang ditetapkan. Oleh karenanya, itulah tugas dari seorang manajer cabang untuk dapat menjalankan roda pemerintahan dalam suatu kantor cabang bank dan mencoba untuk menjalankan misi kantor cabang secara keseluruhan sehingga tugas yang telah dibagi dalam tiap kantor cabang dapat berjalan dengan lancar dan penuh kerja sama.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

4. Melaksanakan sistem dan prosedur
Pelaksanaan sistem dan prosedur dari sebuat institusi dimulai dari bagian yang paling atas dalam tata kelola sebuah institusi. Dalam hal ini adalah cabang bank, maka dimulai dari manajer cabang yang melaksanakan sekaligus juga mengawasi pelaksanaan sistem dan prosedur yang sedang dicoba diterapkan oleh bank dalam pelaksanaan kebijakan bank. Setiap kebijakan pasti akan menuntut pro dan kontra, oleh karenanya, dengan pengawasan dari manajer, sistem dan prosedur nantinya akan dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

5. Menghasilkan laba yang signifikan
Suatu laba dari bank yang membentuk beberapa cabang akan dikumpulkan juga melalui cabang-cabang bank yang dibukanya dan kadang menimbulkan ketimpangan dalam laba. Beberapa cabang yang memang memiliki nasabah dan debitor yang potensial tentu saja akan mendapatkan laba dengan mudah, berbeda dengan bank yang memiliki nasabah dan debitor dari kalangan menengah. Oleh karenanya, perbedaan ini menjadi dasar dari penetapan alokasi laba yang ditargetkan akan dicapai oleh masing-masing kantor cabang bank. Dalam penghasilan laba ini juga diperlukan peran dari manajer kantor cabang bank tersebut untuk mengelola terutama sumber daya manusia yang dihire oleh kantor cabang tersebut untuk memaksimalkan laba tanpa harus meningkatkan resiko yang mungkin saja terjadi.

6. Kepatuhan terhadap peraturan
Sebagai seorang manajer cabang, maka manajer tersebut haruslah menjadi tonggak dari pelaksanaan kepatuhan terhadap peraturan yang ada, baik peraturan yang berasal dari bank pusat atau peraturan dari Bank Indonesia serta peraturan lain yang telah ditetapkan untuk menjaga kualitas dari bank cabang tersebut. Kepatuhan terhadap sistem dan prosedur juga ditunjukkan dengan melaksanakan pelayanan yang baik sekalipun memang nasabah yang dimiliki tidak terlalu banyak, akan tetapi standar pelayanan di semua cabang dari bank tersebut haruslah sama dan tidak ada perbedaan yang menyolok. Tugas manajer cabang bank dalam hal pelayanan yang baik juga akan mendorong percepatan penambahan nasabah.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!