Strategi Persaingan Bank Melalui Kebijakan Suku Bunga

Jika Anda meminjam uang di bank, apakah Anda langsung menyetujui persyaratan bank tersebut? Tentunya tidak hanya Anda, tapi hampir semua orang yang meminjam uang dibank, mereka akan memilih salah satu bank yang memberikan tingkat suku bunga yang rendah. Suku bunga yang diberikan bank untuk kredit yang diberikan kepada nasabahnya, hal ini berbeda-beda satu bank dengan bank lainnya.

Bagi masyarakat, mereka cenderung untuk memilih bank yang memberikan suku bunga rendah atas pinjamannya. Bagi bank mereka mau tidak mau harus memberikan suku bunga yang tinggi kepada nasabah, hal ini tentu dengan alasan yang kuat. Tingkat suku bunga bank yang berbeda-beda tersebut adalah salah satu strategi persaingan bank.

Berbagai produk yang ditawarkan beberapa bank di indonesia, pada intinya memang hampir sama, yang membedakan adalah tingkat suku bunga yang dibebankan kepada nasabah dan juga administrasi yang diberbankan.

Bank bisa saja memberikan persyaratan kredit bagi calon nasabahnya dengan cara yang mudah dan cepat, namun jika suku bunga yang dibebankan kenada calon debitur terlalu tinggi, hal ini menimbulkan calon debitur tersebut tidak jasa meminjam uang di bank. Ada beberapa alasan mengapa bank sepi nasabah atau sulit mendapatkan nasabah, begitu pentingnya nasabah bagi bank, hal ini perlu mendapat perhatian manajemen bank. Salah satu alasan bank sulit mendapatkan nasabah adalah suku bunga. Suku bunga tinggi dalam satu sisi memang menguntungkan bank, namun di sisi lain suku bunga tersebut justru membuat bank kehilangan nasabahnya.

Bagaimana jika persaingan suku bunga bank tidak bisa dihindari?
Maraknya lembaga keuangan saat ini menambah semakin banyaknya tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh bank. Ada bank yang memberikan suku bunga untuk pinjaman kredit sebesar 7% Pa, ada juga yang jauh lebih tinggi dari suku bunga tersebut, namun ada juga bank yang memberikan suku bunga kurang dari 7% pertahunnya. Belum lagi suku bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan lain selain bank, pastinya tingkat suku bunga yang dibebankan juga berbeda dengan bank. Sebagai calon debitur, masyarakat akan memilih suku bunga yang rendah.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bagaimana bank bisa memberikan suku bunga yang rendah pada nasabahnya?
Dalam pemberian kredit kepada nasabah, bank bisa menggunakan dananya sendiri maupun dana dari investor.

Dana sendiri yang dimiliki bank, tentu tidak ada biaya bunga perbulannya dan juga administrasi, namun jika bank menggunakan dana dari pihak lain, bank akan membayar biaya bunga perbulannya. Tingginya suku bunga perbankan bisa disebabkan oleh dana yang digunakan bank, dana investor yang digunakan bank untuk memberikan kredit kepada nasabah, hal ini menyebabkan bank mau tidak mau harus membebankan suku bunga yang tinggi kepada debiturnya.

Jika bank tidak memiliki dana sendiri dalam jangka waktu yang lebih lama, bank akan semakin terpuruk. Saat ini banyak banyak yang mengalihkan beberapa produk yang kurang diminati masyarakat kedalam produk yang banyak diminati masyarakat. Langkah tersebut adalah salah satu cara menjual produk untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Bank tidak bisa selamanya menggantungkan dana kepada pihak luar. Untuk mendapatkan dananya sendiri, bank harus bisa memasarkan produk dengan tetap agar keuntungan yang didapatkan bank lebih besar. Keuntungan inilah yang nantinya bisa digunakan bank untuk memberikan kredit kepada nasabahnya tanpa harus menggunakan dana pihak lain.

Tingkat suku bunga menjadi persaingan yang umum di dunia perbankan, namun jika suku bunga yang dibebankan kepada nasbaha terlalu tinggi, hal ini juga bisa membahayakan bank sendiri. Untuk itu, bank bisa menyesuaikan suku bunga yang dibebankan terhadap suku bunga bank lainnya. Akan jauh lebih baik jika dana sendiri yang digunakan agar bunga yang dibebankan kepada nasabah jauh lebih rendah.

Suku bunga rendah akan memudahkan bank untuk menarik lebih banyak nasabah. Sekalipun keuntungan yang didapatkan bank saat memberikan suku bunga rendah lebih sedikit namun bank bisa mendapatkan lebih banyak nasabah untuk memasarkan produknya. Persaingan suku bunga memang sering terjadi di dunia perbankan, namun hal ini bisa diminimalkan masing-masing bank dengan penggunaan dana sendiri.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!