Strategi Pemasaran Bank Mandiri

Strategi Pemasaran Bank Mandiri dengan Mengetahui Selera Pasar
Strategi pemasaran Bank Mandiri menjadi cara jitu salah satu bank kovensional tersebut untuk meraih simpati dari masyarakat Indonesia secara umum. Beberapa pihak mengatakan bahwa Bank Mandiri saat ini sudah menjadi bank terbaik dan terbesar di Indonesia. Pendapat itu ada benarnya juga karena Bank Mandiri terbukti sudah menjadi salah satu partner masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. hampir semua kota atau kabupaten di wilayah Indonesia terdapat kantor cabang Bank Mandiri.

Hal itu membuktikan bahwa Bank Mandiri sudah mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat. Bank Mandiri telah berhasil meluncurkan beberapa produk yang difungsikan untuk membantu masyarakat kecil yang kurang mampu, khususnya mereka yang tergabung dalam usaha mikro, kecil, dan menengah. Berbagai produk kredit pembiayaan ditawarkan oleh Bank Mandiri agar dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Kecakapan Bank Mandiri yang mampu menangkap selera pasar
Dalam bidang bisnis apapun, seorang produsen harus mampu menangkap selera pasar. Dalam arti, para produsen harus mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat saat ini dan di masa depan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan besar, seperti Bank Mandiri memiliki analis senior yang tugasnya untuk menganalisis pasar yang berkembang.

Selera pasar dapat berubah dari waktu ke waktu. Pasalnya, masyarakat juga mengalami perubahan, baik dari apa yang dialaminya sendiri maupun pengaruh dari lingkungan di sekitarnya. Sebagai contoh, dahulu masyarakat mungkin tidak begitu tertarik dengan salah satu produk perbankan, yaitu asuransi. Hal itu dikarenakan semakin berkembangnya kehidupan di tengah masyarakat, sehingga mereka membutuhkan sebuah jaminan jika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan cacat tubuh atau sampai meninggal dunia.

Permintaan dari masyarakat akan kebutuhan asuransi dapat ditangkap oleh Bank Mandiri sebagai salah satu strategi pemasaran Bank Mandiri. Pada jajaran analis senior memprediksi produk asuransi pada tahun-tahun ke depan semakin banyak peminatnya. Akhirnya, Bank Mandiri mengeluarkan produk asuransi. Hal itu juga yang dicontoh oleh bank-bank lain. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan produk asuransi yang dibutuhkan masyarakat. Hingga saat ini, sudah banyak macam asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi dalam bisnis, dan sebagainya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Itulah salah satu contoh nyata Bank Mandiri dalam menangkap selera pasar. Dengan selalu menyediakan produk perbankan yang dibutuhkan oleh masyarakat, Bank Mandiri akan menjadi tetap yang terdepan dalam melayani masyarakat Indonesia pada umumnya.

Promosi yang dilakukan Bank Mandiri
Untuk memperkenalkan dan menawarkan semua produk yang dihasilkan, Bank Mandiri melakukan promosi besar-besaran. Dengan tujuan utama, Bank Mandiri dapat menarik banyak simpati masyarakat. Selanjutnya, mereka akan segera dirangkul menjadi salah satu nasabah resmi Bank Mandiri. Salah satu cara promosi yang dilakukan Bank Mandiri, yaitu memalui media offline. Dalam arti, Bank Mandiri secara langsung menemui calon nasabah untuk menawarkan produk-produknya.

Cara promosi offline yang lain, yaitu saat nasabah berkunjung ke kantor Bank Mandiri. Saat masuk, seorang security pasti akan segera menyambut dengan ramah dengan menanyakan maksud kedatangan seorang konsumen. Setelah mengetahui maksudnya, konsumen tersebut diarahkan ke bagian tertentu di dalam kantor. Misalnya, langsung disuruh menemui customer service yang bertugas. Saat bertemu customer service tersebut, konsumen pasti akan mendapati berbagai brosur yang berisi informasi dari produk-produk yang dimiliki Bank Mandiri. Bahkan, tanpa ragu-ragu customer service di sela-sela pembicaraan pasti akan menawarkan produk tersebut kepada konsumen.

Sementara promosi lewat online dapat dilakukan lewat dunia maya atau internet. Begitu juga yang dilakukan Bank Mandiri berpromosi lewat internet. Bank Mandiri memiliki alamat website yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat Indonesia secara umum untuk mengetahui berbagai hal tentang produk Bank Mandiri. Konsumen cukup masuk dalam website tersebut, kemudian memilih informasi apa saja yang ingin diaksesnya. Cara promosi online seperti ini sangat praktis, sehingga dapat menjaring nasabah Bank Mandiri secara tidak langsung.

Promosi menjadi salah satu cara terefektif sebagai strategi pemasaran Bank Mandiri. Bukan hanya Bank Mandiri saja, melainkan bank-bank konvensional dan syariah lainnya. Pasalnya, konsumen biasanya memang bersifat pasif untuk mencari tahu berbagai produk perbankan yang dipasarkan saat ini. Oleh karena itu, pihak bank yang harus aktif untuk memperkenalkan produk-produk miliknya kepada konsumen, seperti dalam strategi pemasaran Bank Mandiri.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!