Strategi Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank dan Penabung

Strategi Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank dan Penabung yang Jitu
Strategi meningkatkan jumlah nasabah bank dan penabung dilakukan di bidang perbankan dengan tujuan memperbesar penyimpanan dana dari masyarakat. Bisnis perbankan memang mengandalkan dana dari masyarakat yang disimpan dalam bank yang bersangkutan.

Tanpa adanya dana tersebut, sebuah bank tidak dapat menjalankan operasionalnya. Oleh karena itu, semakin banyak dana dari masyarakat yang terkumpul untuk disimpan atau di tabung di bank, berarti semakin berkembang bank tersebut. Akan tetapi, semakin banyaknya bank yang bermunculan mambuat antarbank saling bersaing dengan ketat untuk mendapatkan nasabah dan penabung di masyarakat.

Strategi yang diterapkan pihak bank
Untuk menjaring nasabah dan penabung sebanyak-banyaknya, pihak bank harus melakukan langkah-langkah strategis. Dengan tujuan, masyarakat akan berduyung-duyung mendatangi kantor bank tersebut untuk mendaftar sebagai nasabah. Beberapa strategi meningkatkan jumlah nasabah bank dan penabung, antara lain sebagai berikut.

Pertama, menawarkan berbagai produk menarik kepada calon nasabah. Setiap bank pasti mempunyai beragam produk perbankan yang nantinya akan ditawarkan kepada masyarakat. Misalnya, produk tabungan reguler, tabungan haji, asuransi, investasi emas, dan lain sebagainya. Semua produk yang dimiliki tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun oleh pihak marketing bank, mereka hanya menonjolkan keunggulannya saja dan selalu menutupi kelemahan produk. Dengan begitu, calon nasabah menjadi terpikat dan mau menyimpan dana miliknya di bank tersebut. Itulah kehebatan dari marketing bank dalam strategi meningkatkan jumlah nasabah bank dan penabung.

Kedua, memberikan kemudahan dalam menyimpan dana di bank. Semua bank pasti memberikan jaminan kemudahan bagi calon nasabah yang ingin menyimoan dananya di bank tersebut. Namun kenyataannya, mungkin hanya segelintir saja yang mempraktikkannya. Sebagai contoh, setoran awal yang harus ditabung oleh calon nasabah.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Ada bank yang memberikan kebijakan setoran awalnya hanya Rp 100 ribu, tetapi ada juga yang sampai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Bagi calon nasabah, tentu saja memilih bank yang menerapkan setoran awal yang tidak begitu memberatkan. Satu contoh yang lain, perihal administrasi yang harus dilengkapi. Ternyata bukan hanya kartu identitas yang masihberlaku, seperti KTP atau SIM. Bagi warga dengan kartu identitas beralamat di luar daerah, pihak bank membutuhkan surat keterangan domisili dari kelurahan atau kantor tempatnya bekerja. Hal ini tentu daja cukup memberatkan, terutama bagi orang-orang yang bekerja di luar daerah, tetapi ingin menabung hasil beekrjanya di bank.

Ketiga, jaminan keamanan dana yang disimpan. Semua nasabah pasti menginginkan jaminan keamanan dari dana miliknya yang nanti akan ditabung. Oleh karena itu, pihak bank harus memberikan jaminan seperti itu. Misalnya, dengan memberikan surat perjanjian atau kesepakatan yang berisi pihak bank mau bertanggung jawab sepenuhnya jika di kemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan oleh nasabah, seperti kasus pembobolan ATM, penggelapan, atau yang lainnya.

Keempat, menggulirkan tabungan berhadiah. Kegiatan seperti ini sangat dinanti oleh nasabah dan penabung. Pihak bank juga harus meresponnnya dengan cepat agar tidak kehilangan nasabahnya. Mereka dapat menggulirkan tabungan berhadiah yang diundi setiap bulan. Biasanya, pihak bank akan memberikan persyaratan, misalnya batas minimal dana yang ditabung.

Dengan begitu, nasabah akan semakin banyak menyimpan dananya dalam tabungan. Pasalnya, semakin banyak jumlah dana yang tersimpan maka semakin besar pula untuk mendapatkan hadiah. Apalagi jika undian tersebut memakai sistim poin. Jadi, semakin besar dana yang ditabung maka akan mendapatkan banyak poin yang pada akhir bulan diundi untuk mendapatkan hadiah tertentu.

Persaingan sehat antar bank harus tetap terjaga
Strategi meningkatkan jumlah nasabah bank dan penabung akan membuat persaingan antar bank menjadi lebih sangit. Semua bank akan terus berlomba-lomba untuk mendapatkan nasabah dan penabung sebanyak-banyaknya. Namun demikian, mereka harus tetap menjaga persaingan berjalan dengan sehat. Dalam arti, persaingan tersebut harus sesuai kaidah dan etika yang berlaku dalam bisnis perbankan.

Salah satu hal yang ditawarkan untuk menjaring nasabah dan penabung, yaitu kualitas pelayanan kepada mereka. Pelayanan prima harus selalu dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Dengan begitu, banyak masyarakat yang bersedia menyimpan dana miliknya ke bank yang bersangkutan. Pelayanan bisa dalam bentuk menyajikan beragam produk perbankan dan jaminan keamanan dan keselamatan dari dana yang akan disimpan. Itulah sedikit tulisan tentang strategi meningkatkan jumlah nasabah bank dan penabung.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!