Seputar Internet Banking

Internet Banking adalah suatu kegiatan transaksi yang berkaitan dengan perbankan yang mana kegiatan transaksi tersebut dapat dilakukan dengan bantuan fasilitas jaringan internet. Internet Banking mempunyai banyak nama lain. Sebut saja E-Banking, Electronic Banking, Home Banking, Online Banking, Virtual Banking, dan Cyberbanking. Layanan Internet Banking pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah aktivitas transaksi antar kedua belah pihak (pihak bank dan pihak nasabahnya). Dengan layanan Internet Banking ini, para nasabah dapat melakukan transaksi perbankan apa saja hanya melalui gadget atau Smartphone mereka. Praktis, mudah, murah, aman, nyaman, selalu aktif 24 jam 7 hari, dan yang pasti cepat.

Manfaat layanan Internet Banking
Adapun manfaat dari adanya layanan Internet Banking, antara lain:
• Untuk pihak nasabah bank
Dengan hadirnya layanan Internet Banking, para nasabah bank akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang terlihat nyata yaitu nasabah tidak perlu atau tidak harus mendatangi bank hanya untuk melakukan transaksi yang dibutuhkan. Pihak nasabah akan diuntungkan dari segi efisiensi biaya dan waktu. Contoh keuntungan lainnya yaitu para nasabah bisa melakukan berbagai jenis transaksi secara cepat, kapan saja, dan di mana saja dengan catatan nasabah yang bersangkutan terhubung dengan fasilitas jaringan internet.
• Untuk pihak bank
Pihak bank juga pastinya mendapatkan manfaat dengan adanya layanan Internet Bankingini. Manfaatnya yaitu berkurangnya biaya-biaya operasional. Keuntungan berikutnya yaitu dengan adanya kemudahan via Internet Banking ini, mendorong orang-orang yang sebelumnya belum menjadi nasabah kemudian tertarik untuk menjadi nasabah bank tersebut. sederetan keuntungan yang didapatkan oleh bank dari adanya layanan E-Banking ini adalah customer loyalty, competitive advantage, revenue and cost improvement, dan new business model.

Jenis transaksi perbankan yang dapat diakses melalui Internet Banking
Anda yang saat ini belum pernah menggunakan layanan Internet Banking mungkin penasaran apa saja contoh atau jenis transaksi perbankan yang dapat diakses dengan menggunakan layanan Internet Banking. Berikut jenis-jenis transaksinya:
• Cek saldo
• Transfer uang non-cash
• Pembayaran tagihan via online
• Informasi rekening
• Pindah buku
• Pembelian pulsa dan transaksi pembelian lainnya (misalnya pembelian tiket secara online)
• dll
Di Indonesia, sudah banyak bank yang menggunakan layanan Internet Banking untuk para nasabahnya. Sebut saja Bank Central Asia (BCA) dengan alamat situs E-Banking www.klikbca.com, CIMB Niaga dengan alamat situs E-Banking www.cimbniaga.com, Bank Mandiri dengan alamat situs E-Banking www.bankmandiri.co.id, Bank International Indonesia (BII) dengan alamat situs E-Banking www.bii.co.id, Lippo Bank, Permata Bank, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) iBank dengan alamat situs E-Banking www.ib.bri.co.id.

Internet Banking yang dihadirkan oleh pihak bank, bank juga dapat berbagi informasi penting dan terkini mengenai jasa dan produk bank secara langsung pada para nasabahnya via portal di situs di internet. Tak hanya itu saja, via portal, bank dapat memberikan layanan pada para nasabahnya untuk mengupdate data pribadinya via online. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bank dalam membuat aplikasi E-Banking. Persyaratannya yaitu:
• Aplikasi E-Banking informatif dan mudah digunakan
• Layanan E-Banking dapat diakses dari mana saja
• Berbiaya murah
• Reliable atau dapat diandalkan
• Dapat dipercaya
Banyak orang yang menanyakan apakah bertransaksi dengan menggunakan layanan Internet Banking aman. Sejauh ini belum ada nasabah dari beberapa bank yang menerapkan sistem Internet Banking yang melaporkan kasus pembobolan isi rekening via Internet Banking pada pihak bank yang bersangkutan. Meskipun memang ada kemungkinan hacker dapat mengakses rekening milik nasabah, pihak bank telah menerapkan sistem keamanan online yang baik dan selalu ter-update. Salah satu upaya bank untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan adalah meminta para nasabahnya untuk selalu meng-upgrade password mereka secara berkala.

Upaya-upaya lainnya agar tercegah dari ulah ‘nakal’ para hacker adalah menerapkan login ID yang unik, menggunakan dua buah password yang berbeda, diberlakukanya kode transasks, dan diterapkannya keamanan token yang dapat menciptakan password yang berubah secara otomatis. Semoga dengan informasi singkat ini, anda tidak akan ragu lagi menggunakan layanan Internet Banking.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!