Rencana Bisnis Bank

Rencana Bisnis Bank
Rencana bisnis bank merupakan suatu dokumen tertulis yang berisikan perencanaan kegiatan dari suatu bank diringkas dalam jangka pendek dan jangka menengah agar segala kegiatan di masa yang akan datang dapat direncanakan dengan baik dari sekarang. Rencana bisnis ini memang dibutuhkan untuk memetakan keadaan bisnis sekaligus juga memperkirakan dari sekarang apa saja yang akan dilakukan oleh bank dalam masa yang akan datang.

Tentu saja yang dinamakan dengan rencana bisnis yang dibuat oleh bank ini tidak bisa sembarangan yang dapat dibuat dengan lugas tanpa berpikir dua kali tentangakibat yang mungkin saja bisa terjadi akibat kebijakan yang diambil atau rencana yang direncanakan dalam bisnis bank ini.

Diatur pula dalam surat edaran dari Otoritas Jasa Keuangan serta difasilitasi pula oleh Bank Indonesia bahwa bank yang telah mengajukan rencana bisnis mereka tidak dapat mengubah rencana bisnis tersebut kecuali memang berdasarkan atas beberapa hal khusus yang tidak dapat diubah serta tidak ada jalan keluar lain selain mengubah rencanan bisnis.

Perubahan rencana bisnis ini sendiri hanya dapat diubah sekali setelah penetapan rencana bisnis tersebut. Memang terkesan saklek, akan tetapi, yang dinamakan dengan sistem keuangan, terlebih lagi perbankan, harus dipagari dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang sekiranya dapat merusak citra bank di mata masyarakat.

Hal-hal khusus yang dimaksudkan adalah hal yang menyangkut pelaksanaan operasi dari bank yang dapat menimbulkan terhambatnya aktivitas ekonomi dari bank tersebut serta mengenai pelaksanaan kerja dan budaya kerja dari sumber daya manusia yang ada.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika memang dalam pelaksanaan operasi terhambat atau jika kinerja dari bank tersebut terhambat maka rencana bisnis bank yang telah disusun sebelumnya, dengan catatan memang perubahan tersebut hanya dilakukan atas hal-hal khusus yang telah disetujui oleh Bank Indonesia dan perubahan tersebut hanya boleh dilakukan sekali saja. Business plan and marketing plan for bank.

Setelah kita mengetahui dengan jelas bahwa rencana bisnis yang disusun oleh bank seharusnya memang telah tetap sepanjang satu tahun anggaran, maka beberapa sumber menyebutkan bahwa suatu revisi dari rencana bisnis biasanya dimaksudkan untuk menutup ketidakmatangan dari rencana bisnis yang ditetapkan di awal.

Memang dalam konteks perubahan rencanan bisnis, sah saja untuk melakukan perubahan, akan tetapi, biasanya bank melakukan perubahan rencana bisnis di tengah tahun yang mengindikasikan bahwa rencan bisnis yang dibuat di awal tidak begitu efisien sehingga di tengah tahun perlu dibuat revisi untuk dapat membantu mengefisienkan rencana sehingga dapat mengejar laba yang akan dicapai.

Faktor yang dapat dipertimbangkan secara wajar untuk melakukan perubahan rencana bisnis bisa berupa faktor eksternal maupun faktor internal, akan tetapi, tidak semua faktor tersebut dapat dpertimbangkan. Yang wajar adalah jika faktir tersebut menyangkut tentang perubahan kondisi ekonomi makro yang global dan signifikan, ketidakstabilan harga minyak dunia, serta hal signifikan lain yang memang tidak dapat diubah dengan sendirinya dan berada diluar kemampuan bank untuk memerperbaikinya. Berikut di bawah ini adalah beberapa alasan pentingnya revisi rencana bisnis yang disusun oleh bank.

1. Rencana bisnis matang
Revisi rencana bisnis biasanya diajukan paling lambat pada akhir semester pertama dari tahun berjalan. Rencana bisnis awal diajukan pada sekitar bulan November pada tahun anggaran dimulai.

Revisi ini dimaksudkan agar rencana bisnis yang disusun oleh bank benar-benar disusun dengan prinsip kehati-hatian sehingga tidak ada salah kebijakan atau salah langkah dalam perencanaan bisnis yang baik. Selain itu juga diharapkan manajemen bank dapat menerapkan penyusunan rencana bisnis yang jauh lebih realistis dan bukannya sekedar berandai-andai misalnya mengenai laba yang akan diperoleh.

2. Sebagai bahan pengawasan
Rencana bisnis merupakan salah satu panduan yang digunakan oleh bank untuk bertindak atau mengambil kebijakan yang sesuai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, dengan adanya rencana bisnis ini, akan memudahkan para pengawas perbankan untuk menyusun strategi pengawasan dengan berdasarkan pada rencana bisnis yang telah ditetapkan. Juga untuk menentukan standar kinerja yang harus dicapai oleh bank melalui pengawasan yang dilakukan. Rencana bisnis bank akan sangat berguna dalam pengawasan sekaligus dalam pengambilan keputusan para pemangku kepentingan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!