Prinsip Kunci dalam Ilmu Manajemen Perbankan

Perbankan di Indonesia tidak akan lepas dari ilmu manajemen perbankan, mengapa? Dalam dunia perbankan semuanya harus diatur dengan baik, tidak boleh ada satupun kegiatan dalam perbankan yang tidak ada aturannya. Manajemen dibutuhkan dalam semua kegiatann di perbankan.

Bagaimana perusahaan perbankan bisa mendapatkan keuntungan tanpa adanya manajemen yang baik? Hal inilah yang menjadi dasar kuat mengapa setiap bank di Indonesia harus memiliki manajemen perbankan yang baik jika mereka ingin mendapatkan income yang besar.

Apa sih manajemen perbankan? Jika Anda datang di bank dan mendapatkan pelayanan terbaik dari para karyawan dan karyawati disana, hal ini termasuk bagian dari manajemen perbankan. Manajemen perbankan merupakan ilmu yang mengatur bagaimana perbankan melakuian kegiatan operasionalnya baik dalam hal penyaluran kredit kepada masyarakat dan juga mengatur bagaimana lalu lintas pembayaran agar lebih efektif dan efisien.

Manajemen perbankan meliputi beberapa hal diantaranya adalah manajemen pengelolaan dana bank, manajemen keuangan dan juga manajemen SDM perbankan.

Manajemen pengelolaan dana bank
Manajemen pengelolaan dana bank sangat penting bagi kegiatan perbankan untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Manajemen ini mengatur bagaimana perbankan memberikan dana kepada masyarakat dengan baik. Untuk menyalurkan dana kepada masyarakat atau konsumen, bank tidak boleh sembarangan. Tidak boleh asal memberi dana apalagi jika dana yang akan disalurkan tersebut dalam jumlah yang besar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Manajemen penyaluran dana ini bermanfaat untuk merencanakan dan mengatur penarikan dana dan penyaluran dana dari dan untuk masyarakat, dalam hal ini bank juga membutuhkan manajemen untuk mengatur sarana penabungan dan penyaluran kredit.

Bank juga harus mengatur dana yang dimiliki sendiri dan juga dana yang datang dari pihak ketiga atau pihak asing. Manajemen dana bank ini akan memudahkan pengaturan dana yang dimiliki oleh bank baik dari pihak asing maupun dari dana yang dimiliki sendiri agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

Manajemen pengelolaan bank ini juga mengatur penyaluran kredit yang aman dan efektif, sangat penting bagi bank untuk memberikan kredit yang aman. Kredit yang aman akan menghindarkan bank dari kenaikan NPL yang bisa merugikan bank.

Manajemen keuangan perbankan
Bukan hanya manajemen pengelolaan dana bank yang dibutuhkan oleh perusahan perbankan, namun bank juga membutuhkan manajemen keungan. Manajemen keuangan mutlak dibutuhkan oleh semua perusahaan untuk mengendalikan dan mengatur perputaran uang dalam perusahaan. Perputaran uang tersebut bisa dari laba yang didapatkan tiapbulan,dari para pemegang saham.

Dalam hal pengaturan kekayaan yang dimiliki oleh pemegang saham, hal ini berpengaruh pada harga saham dipasaran. Manajemen keuangan perbankan ini akan bermanfaat untuk mengatur keputusan investasi, keputusan pendanaan dan juga untuk mengatur kebijakan dividen.

Keputusan pendanaan dalam perbankan tidak boleh lebih dan juga tidak boleh kurang. Tiapbulan perusahaanperbankan harus mengontrol pendanaan mereka . Jika pendanaan yang didapatkan terlalu kecil sedangkan permintaan kredit dari konsumen besar, hal ini tentu bisa menimbulkan kekecewaan konsumen atau pelanggan.

Sedangkan jika pendanaan yang didapatkan perbankan dari pihak asing terlalu banyak tapi permintaan kredit sedikit, hal ini akan merugikan perusahaan. Jadi, pendanaan terutama dari pihak asing harus seimbang dengan permintaan kredit masyarakat agar bank tidak dirugikan dengan bunga pihak asing.

Income vs Manajemen Perbankan
Apa hubungannya income atau pendapatan bank dengan manajemen perbankan yang baik? Manjemen perbankan yang baik akan mengatur jalankan perkreditand an juga masalah keungan serta kegiatan operasional lainnya lebih efektiif dan efisien.

Kinerja perusahan perbankan yang efektif terutama dalam hal penyaluran dana kepada masyarakat yang efektif dan aman, hal ini akan menguntungkan perusahaan terutama dalam hal keuntungan bunga dan administrasi kredit.

Bank pun akan lebih mudah mencegah dan mengontrol NPL atau tingkat kemacetan kredit jika mereka menerapkan manejmen perbankan yang baik. Semakin baik manajemen dalam suatu bank maka semakin mudah bank untukmendapatlan keuntungan tiap bulannya. Keuntungan inilah yang nantinya bisa membuta bank semakinberkembang dan bisa lebih meminimalkan pinjaman dari pihakketiga.

Manajemen perbankan akan berpengaruh besar terhadap income suatu bank jika bisa diterapkan dengan baik oleh semua komponen dalam bank tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!