Peran IT dalam Manajemen Bank

Peran IT Dalam Manajemen Bank
Peran IT dalam manajemen bank memegang peranan yang sangat vital atau penting. Dari waktu ke waktu teknologi semakin berkembang pesat dan manju, begitu pula dengan teknologi yang ada di Indonesia. Dalam melakukan berbagai hal seperti perhitungan dan pendataan diperlukan waktu yang singkat namun akurat.

Singkat namun akurat biasanya berada pada manajemen bank ayng sudah besar dan memiliki ribuan nasabah di dalamnya. Bayangkan saja jika pihak manajemennya lambat dalam mengatasi keuangan dan manajemen pada sebuah perbankan. Bank pun akan lambat dalam bergerak maju dan berkembang. IT dalam dunia perbankan membutuhkan jasa dari seseorang yang ahli dalam komputerisasi akuntansi.

Komputerisasi akuntansi adalah ilmu dalam mempelajari ilmu akuntansi dan ilmu komputer dalam hal bersamaan. Orang yang ahli dalam komputerisasi akuntansi akan tahu bagaimana sebuah website atau user interface yang bisa digunakan dalam penghitungan akuntansi. Dengan begitu manajemen bank tidak memerlukan cara manual lagi dalam melakukan perhitungan dan pendataan. User yang melakukan manajemen di bank hendaknya juga mengetahui ilmu akuntansi, sehingga meskipun sudah terdapat user interface yang memudahkan pekerjaan dia, user yang tahu ilmu akuntansi dapat memininmalisir kesalahan dan salah pemasukan data.

Peran IT Bagi Dunia Perbankan
Sebelum membahas peran IT dalam manajemen bank ada baiknya kita membahas tentang peran IT dalam dunia perbankan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan bank tidak dapat terlepas dari dunia IT yang semakin berkembang saat ini.

Jika dulu nasabah dilayani dengan sistem manual, namun sekarang ini banyak nasabah yang dilayani dengan menggunakan sistem komputer.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Sistem komputer akan memberikan pelayanan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Selain itu data nasabah akan tersimpan dalam database komputer di bank tersebut, sehingga teller bank atau pegawai bank hanya tinggal mengetikkan namanya saja lalu akan muncul data yang dicari.

Berbeda sekali dengan cara pencarian secara manual menggunakan arsip. pegawai harus mencari tumpukan arsip nasabah terlebih dahulu.Teknologi dalam dunia perbankan mencakup dua hal yaitu hardware dan software. Kedua perangkat tersbut seringt digunakan dalam kegiatan operasional dalam sebuah bank. Pegawai bank lah yang akan melakukan tindakan operasional kedua perangkat tersebut agar bisa berjalan sesuai yang diinginkan.

Pegawai banmk juga memerlukan jasa manitenance pada kedua perangkat tersebut agar database yang ada di dalamnya tidak rusak atau corrupt. Bisa kita bayangkan jika databasenya rusak, sedangkan di dalam database terdapat semua data nasabah dan semua kegiatan operasional bak tercatat di dalam database tersebut, tentu pihak bank akan kehilangan data nasabah dan berbagai data yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh sederhana kita bisa mengambil contoh dari kegiatan operasional para teller. Teller menggunakan mesin atau komputer sebagai mesin hitung. Teller di bank akan melakukan berbagai kegiatan misalnya melakukan input data, terjadinya proses dna menghasilkan output. Jika teller melayani nasabah yang sudah terdapat data sebelumnya, teller bisa langsung memasukkan sejumlah nilai uang ke dalam mesin hitung kemudian di proses yang penghitungannya sudah dilakukan oleh mesin hitung dan outputnya adalah jumlah angka yang dimasukkan ditambah dengan saldo sebelumnya. Jika nasabahnya adalah nasabah baru sebelum memasukkan transaksi dengan input sejumlah uang, teller akan mencatat data dari nasabah tersebut terlebih dahulu.

Peran It Dalam Manajemen Bank
Manajemen bank adapah pihak yang mengatur kegiatan operasional di bank, manajemen adalah pihak back office dari sebuah bank sedangkan front office bagi sebuah bank adalah teller. Meskipun pihak manajemen tidak berhadapan langsung kepada nasabah namun pihak manajemen sangat berpengaruh bagi perkembangan bank dan kegiatan di bank tersebut. Manajemen tentunya juga memerlukan bantuan IT dalam menjalankan tugas-tugasnya. Peran IT tersebut adalah :

1. Dengan adanya IT di manajemen perbankan, pihak manajemen akan mudah dalam melakukan solusi core banking.

2. Pihak manajemen akan mudah melakukan penghitungan berapa banyak modal yang dimiliki oleh bank yang menaunginya tersebut.

3. Pihak manajemen dengan menggunakan IT dapat menghitung berapa banyak kredit yang macet sehingga menaikkan angka rasio NPL. Itulah beberapa peran IT dalam manajemen bank.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!