Peran Debt Collector Dalam Operasional Perbankan

Jika anda memiliki hutang pada bank dan belum bisa melunasi beberapa tunggakan anda, apa yang anda takutkan?

Kebanyakan orang takut dengan debt collector demikian juga anda, bukan? Sebenarnya mereka bukan menakut-nakuti anda ataupun tidka sejahat yang anda dan beberapa orang pikirkan.

Bank membutuhkan peran pihak ini karena ingin menyelamatkan asset dalam perusahaan yaitu piutang pada nasabah.

Piutang ini tentu saja berupa dana yang telah dicairkan apda nasabah. Namun dalam kenyataanya bank sering dipusingkan oleh nasabah yang terlambat membayar angsuran hingga beberapa bulan. Jika cara penagihan biasa tidak digubris oleh nasabah tentu saja bank akan melibatkan debt collector untuk menyelesaikan masalah ini.

Debt collector merupakan orang atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh bank atau lembaga keuangan lainnya untuk menyelesaikan masalah kredit nasabah berupa tunggakan kredit tersebut. Pada dasarmya tunggakan kredit oleh nasabah karena pada tahap pengajuan dan pengumpulan data pihak bank kurang teliti melihat karakter dari nasabah tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Namun bisa juga sebelumnya memang nasabah memiliki persyaratan yang sesuai dengan keinginan bank tapi setelah beberapa bulan tunggakan mereka menjadi tidak lancar atau nunggak beberapa bulan.

Sebelum melakukan tindakan penagihan dengan melibatkan debt collector, bank sebenarnya telah melakukan penagihan oleh kolektor regular.

Kolektor regular ini adalah karyawan bank bersangkutan dan tugasnya untuk menagih angsuran dari nasabah.

Tingkat kemacetan nasabah dalam perbankan diistilahkan dengan kolektbilitas atau kol. Semakin besar kol tersebut maka semakin banyak kemacetan atau tunggakan nasabah. Ketika nasabah menunggak dan tergolong kol I ( tunggakan lebih dari satu bulan), maka pihak kolektor regular harus segera menagihnya.

Kol I ini harus segera diselesaiakan dengan mendatangi nasabah agar membayar sebesar tunggakannya, Jika tunggakan tersebut tidak dibayar nasabah dan kol I berubah menjadi kol II, bank akan merencanakan untuk melibatkan debt collector. Mengapa harus meggunakan pihak ini, apakah kerja dari kolektor regular kurang bagus? Bisa dikatakan memang demikian, kadang kolektor regular memang tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Debt collector ini untuk membantu bank dalam menyelesaikan tunggakan yang tidak bisa diatasi oleh kolektor regular. Nasabah menjadi bertambah tingkat kemacetannya karena kolektor regular kadang malas untuk menagihnya, kolektor kurang tegas dalam mengambil tindakan , nasabah yang terlalu ditagih dan juga nasabah yang kabur.

Dengan adanya debt collector ini, bank bisa melakukan penyelesaian kemacetan nasabah dengan cepat. Semakin cepat debt collector dalam menyelesaiakan tunggakan nasabah maka semakin baik pula bank dalam menyelamatkan dana yang telah dicairkan tersebut.

Debt collector yang dipilih bank juga harus profesional, jangan sampai memilih debt collector yang memiliki kemampuan dibawah kolektor regular.

Debt collector yang diperbantukan bank pada dasarnya memiliki tugas seperti melakukan penyelamatan terhadap dana bank. Penyelamatan ini bisa berupa penarikan asset yang dimiliki nasabah sebesar dana yang dikucurkan pada mereka.

Anda pernah melihat rekan atau tetangga anda barang-barang rumahnya disita pihak bank, hal ini karena bank ingin menyelamatkan dananya dengan bantuan debt collector.

Biasanya debt collector ini menangani masalah yang berat yang tidak bisa diselesaikan oleh kolektor regular seperti kendaraan atau jaminan nasabah digadaikan atau berpindah tangan, kendaraan hilang dan berada diluar pulau. Debt collector ini sangat penting bagi bank untuk mengurangi kemacetan dalam rangka peningkatan mutu bank. Semakin sedikit tingkat kemacetan bank maka pertumbuhan bank tersebut semakin baik.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!