Peran Bank dalam Mengembangkan UKM (usaha kecil menengah)

Mengetahui Peran Bank dalam Mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah)

Benang Merah Bank dan UKM
Peran bank dalam mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) jelas cukup penting.

Bank sendiri merupakan suatu lembaga yang bergerak pada jasa keuangan. Lembaga ini dibutuhkan masyarakat dalam kaitannya dengan penyediaan dana modal untuk keperluan pengembangan usaha yang tengah dijalankan. Kira-kira dari mana sumber dana yang dimiliki oleh bank?

Sumber dana bank tidak lain berasal dari masyarakat. Umumnya masyarakat yang memiliki dana lebih memilih untuk menyimpan dana yang diperoleh di bank dengan alasan keamanan atau karena ingin mendapat kesempatan merebut hadiah undian.

Dana dari masyarakat tersebut oleh bank diolah sebagai produk tabungan. Tabungan milik masyarakat itulah yang kemudian disalurkan sebagai kredit bagi masyarakat yang membutuhkan baik untuk keperluan produktif atau konsumtif. Pemberian kredit ini pun harus terus dilakukan supaya terjadi perputaran dana yang kelak harus dikembalikan lagi kepada masyarakat yang menginvestasikannya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Sementara itu, UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan sebuah bentuk bangunan usaha dengan skala kecil. Usaha ini bisa dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau suatu badan usaha yang resmi. Meski berskala kecil, UKM memiliki andil besar sebagai fasilitas pembangunan perekonomian bangsa yang dalam pelaksanaannya juga dapat mengurangi jumlah pengangguran karena cukup efektif sebagai alat penyerap tenaga kerja.

Betapa tidak. Keberadaan UKM di Indonesia sukses menyerap 99.6% tenaga kerja. UKM pun terbukti cukup tangguh dibanding dengan usaha skala besar khususnya dalam menghadapi krisis ekonomi yang dulu sempat terjadi di tanah air. Dengan demikian UKM patut disebut sebagai benteng pertahanan bangsa dalam proses pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Dalam pelaksanaan UKM, terdapat beberapa faktor penghambat perkembangan usaha yang dijalankan. Hambatan yang dihadapi masing-masing UKM cukup berbeda bergantung dari jenis usaha yang dijalankan. Hanya saja secara garis besar hambatan tersebut sering berkaitan dengan modal usaha yang cukup terbatas, minimnya keahlian dalam manajemen usaha, dan lain-lain. Inilah mengapa UKM sebenarnya membutuhkan dukungan baik dalam bentuk penyediaan dana dan juga bimbingan pengelolaan usaha supaya UKM dapat mengembangkan diri secara optimal.

Dalam hal penyediaan dana sebagian besar bank memberikan produk kredit modal usaha, sementara untuk kredit investasi masih sering dibatasi. Dari penjelasan ini tentut sudah semakin jelas adanya benang merah yang menghubungkan hambatan yang dihadapi UKM dengan peran penting bank selaku lembaga keuangan. Adapun sampai saat ini didapati adanya perkembangan cukup baik pada UKM. Perkembangan tersebut pun disinyalir tidak terlepas dari peran bank dalam mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah).

Peran Bank Mengembangkan UKM
Secara umum peran bank memang dibutuhkan masyarakat luas, khususnya terkait intermediasi dana. Dengan adanya lembaga keuangan ini sejumlah UKM memiliki kesempatan mengembangan diri dengan cara mendapat bantuan modal.

Peran bank dalam mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) di sini adalah sebagai penyedia dana untuk kelangsungan kegiatan usaha. Peran lebihnya bank juga melakukan pendampingan dan pembinaan pada UKM supaya dapat mengembangkan usahanya. Hal ini karena seringkali pelaku UKM kesulitan dalam pengendalian dan penggunaan kredit yang diperoleh dari bank akibat perencanaan yang lemah. Seolah dalam hal ini pihak bank direpotkan. Tetapi sebenarnya jika UKM sukses mengembangkan diri, maka ada keuntungan lain pula yang bakal didapatkan oleh bank. Keuntungan tersebut salah satunya berupa kelancaran pembayaran kredit dan bunga oleh pelaku UKM.

Penciptaan iklim UKM yang kondusif untuk selanjutnya juga membutuhkan dukungan dari pihak lain yakni pemerintah. Pemerintah dapat mengupayakan langkah-langkah strategis yang mendukung UKM. Langkah-langkah strategis tersebut dapat berupa dorongan pengembangan usaha, keamanan dan ketentraman menjalankan usaha, keringanan pajak, penyederhanaan prosedur pengajuan ijin usaha, dan lainnya.

Selain itu, pemerintah juga bisa memberikan pendampingan dan pelatihan bagi pelaku UKM terkait aspek manajemen, kewirausahaan, administrasi, keterampilan dan keahlian pengembangan usaha. Dukungan dari pemeritah ini pun dirasa penting mengingat kesuksesan UKM dapat menggairahkan kembali roda perekonomian bangsa. Terlebih bagi sejumlah UKM yang memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi nasional. Jadi dibutuhkan peran aktif pemerintah dan peran bank dalam mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!