Peran Bank dalam Mendorong Ekonomi Bangsa

Peran Bank dalam Mendorong Ekonomi Bangsa
Peran Bank dalam Mendorong Ekonomi Bangsa sangatlah besar. Namun sebelum kita membahas tentang peranan bank lebih dalam, ada baiknya untuk mengetahui pengertian bank terlebih dulu. Bank merupakan tempat penyimpanan dan peminjaman uang.

Berdasarkan UU RI No. 10 th 1998 pada 10 November 1998 terkait perbankan, bank merupakan sebuah badan usaha yang mengumpulkan dana dari masyarakat dengan bentuk simpanan dan kemudian menyalurkannya pada masyarakat dalam bentuk kredit maupun bentuk lain untuk membantu meningkatkan taraf hidup khalayak luas.Berdasarkan pengertian di atas, secara lebih luas bank adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Ini berarti aktivitas perbankan selalu berhubungan dengan bidang keuangan. Bank memiliki fungsi utama untuk menyediakan jasa yang berkaitan dengan penyimpanan uang dan penyaluran kredit.

Bank pada umumnya adalah institusi keuangan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan laba. Dalam rangka mendapatkan laba tersebut, bank melaksanakan fungsi intermediasai. Karena bank diijinkan untuk menghimpun dana berbentuk deposito, bank umum juga disebut dengan lembaga keuangan depositori. Berikut ini adalah fungsi – fungsi bank yang menunjukkan betapa pentingnya peranan bank dalam mendukung perekonomian bangsa.

Menciptakan Uang
Uang yang dibuat oleh bank umum berupa uang giral. Uang giral merupakan alat pembayaran melalui mekanisme pemindah bukuan atau kliring. Kemampuan bank umum dalam menciptakan alat pembayaran berupa uang giral menyebabkan bank memiliki posisi penting dalam pelaksanaan kebijakan moneter. Bank sentral memiliki wewenang untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat dengn mempengaruhi kemampuan bank menciptakan uang giral. Di Indonesia bank yang berwenang untuk menciptakan dan menghancurkan uang adalah Bank Indonesia. Kemampuan bank sentral menciptakan uang juga termasu salah satu peran bank dalam mendorong ekonomi bangsa.

Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran
Peranan bank umum yang lain dan tidak kalah penting adalah membantu kelancaran sistem pembayaran. Ini mungkin karena salah satu layanan yang disediakan oleh bank adalah jasa jasa yang berhubungan dengan mekanisme pembayaran. Beberapa layanan yang sudah sangat familiar digunakan oleh publik adalah kliring, penerimaan setoran – setoran, transfer uang, penyediaan fasilitas pembayaran secara kredit, tunai dan fasilitas pembayaran yang nyaman dan mudah seperti sistem pembayaran elektronik dan pembayaran via ATM.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Menghimpun Dana Simpanan Dari Masyarakat
Bank umum menghimpun dana paling banyak berupa dana simpanan. Dana simpanan di Indonesia terdiri dari deposito berjangka, giro, tabungan, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang bisa disamakan dengan itu. Kemampuan bank menghimpun dana lebih besar daripada lembaga keungan yang lain. Dana simpanan yang telah dikumpulkan selanjutnya akan disalurkan oleh bank kepada para pihak yang memerlukan, khususnya melalui sistem penyaluran kredit.

Mendukung Transaksi Internasional
Bank juga sangat diperlukan untuk mempermudah proses transaksi internasional seperti transaksi barang atau jasa dan juga untuk transaksi modal. Hambatan – hambatan transaksi antara pihak yang berbeda negara seringkali muncul karena perbedaan geografis, budaya, jarak, dan sistem moneter tiap – tiap negara. Hadirnya bank yang beroperasi dengan skala internasional dapat memudahkan proses transaksi – transaksi ini. Berkat adanya bank umum maka kepentingan para pihak yang bertransaksi internasional kini dapat ditangani dengan cepat, mudah, dan juga murah.

Melayani Penyimpanan Barang Berharga
Penyimpanan barang berharga merupakan salah satu layanan yang paling awal ditawarkan oleh bank pada umumnya. Masyarakat menyimpan barang – barang yang berharga miliknya seperti uang, perhiasan, dan ijazah di dalam kotak – kotak yang disediakan khusus dari pihak bank untuk disewa. Kotak tersebut disebut dengan safe deposit box atau safety box. Perkembangan ekonomi yang makin pesat membuat bank semakin meningkatkan jasa layanan dengan juga menyimpan surat – surat berharga atau sekuritas.

Penyediaan Jasa Lainnya
Pemberian jasa – jasa lainnya oleh bank di Indonesia saat ini juga semakin luas dan beragam. Sekarang ini, kita dapat melakukan pembayaran listrik, membayar tagihan telepon, membeli pulsa, mentransfer uang via ATM, membayar TV, dan membayar gaji karyawan dengan layanan dari bank. Kehadiran jasa – jasa tersebut sangat memudahkan dan memberi rasa aman serta nyaman pada pihak yang memakai layanan ini.
Semua peranan yang disebutkan di atas sampai saat ini benar – benar sudah dirasakan oleh banyak masyrakat di Indonesia. Selain peranan di atas, tentu masih banyak Peran Bank dalam Mendorong Ekonomi Bangsa.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!