Peran Analisa Kredit

Deskripsi Singkat tentang Pekerjaan Analis Kredit
Jika Anda sedang jalan-jalan di mall atau pertokoan, Anda biasanya akan menemukan dengan mudah orang yang menawarkan Anda untuk membuat kartu kredit dan tentu saja fakta ini membuat peran analisa kredit sangat diperlukan. Memang tidak bisa dipungkiri jika Anda mempunyai kartu kredit sendiri, maka segala bentuk pembayaran akan jauh lebih menyenangkan.

Anda bisa dengan mudah untuk membeli barang-barang yang menurut Anda harganya cukup mahal sedangkan uang Anda tidak mencukupi. Penggunaan kartu kredit membuat Anda bisa membeli barang yang Anda inginkan tersebut dan Anda juga bisa mencicil pembayaran barang tersebut untuk beberapa tahun/bulan kedepannya. Karena semakin banyak orang meminjam uang, maka profesi analis kredit juga semakin banyak dan semakin dibutuhkan. Namun sebelum Anda memutuskan untuk berprofesi sebagai analis kredit, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan terutama dari segi gaji dan fasilitas tambahan yang akan didapatkan oleh seorang analis kredit.

Garis besar dari gaji analis kredit
Hal pertama yang bisa menjadi patokan dari seberapa besar gaji seorang analis kredit adalah tahun pengalaman. Maksudnya adalah sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang analis kredit, apakah Anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya atau belum?

Jika Anda belum memiliki pengalaman atau peran analisa kredit yang memadai, maka gaji yang akan Anda terima adalah berkisar Rp 1.830.953. Namun jika Anda memiliki pengalaman bekerja sebelumnya selama kurang dari lima tahun, maka besar gaji yang akan Anda dapat adalah Rp 2.021.493– 2.633.823. Bagi Anda yang memiliki pengalaman kerja selama 5-10 tahun, besaran gaji naik sekitar Rp 3.452.976– 4.689.080. Sedangkan untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, gaji yang diterima juga semakin besar yaitu minimal Rp 4.904.908.

Lalu apa saja fasilitas yang akan didapat oleh seorang analis kredit?

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Ada lima kategori yang bisa dinikmati fasilitasnya oleh seorang analis kredit yaitu diberikan mobil sewaan/mobil perusahaan, mendapatkan jatah liburan yang memadai, adanya laba, bonus akhir tahun, dan bonus prestasi.

Berdasarkan hasil dari sebuah survey, diketahui bahwa ada sekitar 44% responden yang bekerja sebagai analis kredit mendapatkan bonus akhir tahun, dan sekitar 25% diantara para responden tersebut mendapatkan mobil pinjaman dari perusahaan tempat mereka bekerja. Namun seorang analis kredit ada yang tidak mendapatkan hasil dan tidak mempunyai jatah liburan yang memadai selain cuti tahunan yang berlangsung selama 12 hari dalam kurun waktu 1 tahun kerja selama memiliki peran analisa kredit. Marketing strategy for banking business.

Pekerjaan seorang analis kredit
Setelah mengetahui besaran gaji, fasilitas, dan bonus yang akan diterima, ada kalanya Anda berhak untuk mengetahui apa saja pekerjaan dari seorang analis kredit. Ada dua garis besar dari pekerjaan seorang analis kredit yaitu bertanggung jawab ketika sudah mengumpulkan dan juga menganalisis data-data keuangan yang dimiliki oleh setiap klien seperti contoh rincian keuangan yang dimiliki klien, seperti ada metode atau kebiasaan nasabah membayar tagihan cicilannya, jumlah pendapatan, apa saja informasi yang didapatkan mengenai pendapatan nasabah termasuk informasi yang berkaitan dengan tabungan dan pembelian yang sudah dilakukan.

Tugas kedua dari seorang analis kredit adalah memberikan revisi dan evaluasi data dan memberikan rekomenasi yang terbaik untuk klien. Sebagai contoh sederhana dari apa itu pekerjaan seorang analis kredit melalui ilustrasi berikut, ada seorang analis kredit yang bekerja di bank yang menerbitkan kartu kredit. Setelah ada katu kredit keluar pada nasabah, maka sekaranglah analis kredit bekerja. Dia akan menganalisa data mengenai klien.

Klien atau nasabah juga akan dilihat, apabila sesuai dengan ekspektasi atau tidak, jadilah diri sendiri. Meskipun begitu, ada juga yang tidak jadi atau justru melunasi tagihan melalui pembayaran. Analis kredit juga tidak memiliki alasan yang kuat kalau belum ada atan yang sesuai dan relevan dalam memberikan rekomendasi yang tepat.
Jadi langkah-langkah singkat apa yang harus dilakukan oleh analis kredit? Hal pertama adalah menyiapkan sejumlah form berisi blanko dokumen kontrak, aplikasi permohonan pembiayaan dan menyiapkan lembar analisa survei rekomendasi perorangan/ bisa juga perusahaan (LASRP).

Hal ini dilakukan untuk proses survey ke debitor yang dilakukan oleh CMO, hal yang kedua adalah bertanggung jawab ketika menyimpan dan memelihara semua dokumen nasabah dalam perjanjian kredit, mencatat setiap bentuk peminjaman dari perusahaan dan memerhatikan waktu kapan akan dikembalikan lagi.

Subscribe to our mailing list

* indicates required


GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!