Mobile Banking Strategy

Mobile bank strategy
Mobile bank strategy merupakan taktik yang kini diterapkan oleh banyak bank baik bank-bank di Indonesia maupun bank-bank di luar Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan layanan perbankan via online pada para nasabah bank. Tiap bank yang menerapkan sistem layanan transaksi online memiliki strategi mobile banking yang berbeda.

Demikian juga dengan nama aplikasi mobile banking yang digunakan. CIMB Clicks dan Go Mobile, misalnya, adalah dua contoh aplikasi mobile banking/ E-Banking yang dimiliki oleh Bank CIMB Niaga. Berbeda dengan CIMB Niaga, BCA juga memiliki nama apliaksi Mobile Banking yang berbeda, yaitu Click BCA. Pada dasarnya layanan mobile banking yang saat ini digunakan oleh sejumlah bank komersil di Indonesia memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan layanan yang optimal kepada para nasabah melalui media online.

Fasilitas jaringan internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun dinilai sebagai solusi yang sangat tepat dan untuk memberikan layanan perbankan yang mudah, cepat, dan yang pasti praktis. Layanan mobile banking benar-benar cocok dengan kebutuhan masyarakat modern yang identik dengan kesibukan yang memakan banyak waktu dan tenaga.

Cukup dengan menggunakan Smatphone, laptop, komputer, atau gadget canggih lainnya, seorang nasabah tetap bisa melakukan transaksi perbankan tanpa harus mengunjungi bank tertentu. Dengan adanya layanan ini, baik pihak nasabah maupun pihak bank sama-sama akan mendapat keuntungan.

Sebut saja layanan yang mudah diakses, murah, cepat, aman, praktis, dan efektif tentunya menjadi harapan utama dari pihak bank. Harapannya dengan adanya layanan mobile banking ini, akan ada banyak calon nasabah yang tertarik untuk menjadi nasabah baru bank yang bersangkutan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Perubahan yang diusung berkat mobile banking strategy
Layanan mobile banking kini telah membawa banyak perubahan. Misalnya, jika dulu kita harus mengunjungi butik atau distro untuk melihat trend fashion yang sedang populer, kini hanya dengan media internet, kita bisa melihat trend fashion tanpa harus mendatangi butik/ distro. Cukup dengan mengakses situsnya saja, maka segala informasi tentang trend fashion akan tampak pada layar.

Demikian juga ketika kita akan melakukan transaksi pembayaran via aplikassi mobile banking. Tak hanya kebutuhan belanja online saja yang dapat ditangani dengan mudah dengan menggunakan Mobile Banking, penggunaan mobile banking juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan transfer, cek saldo, pembayaran tagihan (tagihan listrik, PAM, dan telepon), pindah buku, informasi rekening, pembelian pulsa, keperluan bisnis, dan lain sebagainya.

Mobile banking strategy harus diterapkan dengan matang agar baik dari pihak nasabah maupun pihak bank sama-sama diuntungkan. Aplikasi mobile banking yang diterapkan kurang matang bisa menjadi celah bagi hacker ‘nakal’ untuk menyusup dan mensabotase akun mobile banking milik nasabah. Oleh karenan