Merumuskan Strategi Wholesale Banking agar Menguasai Pasar

Bisakah perusahaan Anda berjalan dengan baik tanpa adanya sumber daya manusia yang handal? Perusahaan apapun pasti membutuhkan sumber daya manusia yang handal untuk menjalankan operasional perusahaan. Dalam dunia perbankan, sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman sangat dibutuhkan. Salah satu strategi wholesale banking yang efektif adalah dengan penggunaan sumber daya manusia yang handal.

Namun, tak cukup untuk mencari SDM yang hanya berpendidikan tinggi, kadang pendidikan pun tak selamanya bisa menjamin seseorang bekerja dengan baik. Bank membutuhkan SDM yang terlatih, karena tidak semua karyawan yang bekerja di perbankan bisa menjalankan tugasnya sebelum mereka mendapatkan pelatihan.

Bank menjual produk kepada masyarakat baik jasa maupun produk lainnya, jasa yang paling banyak dipasarkan oleh bank adalah jasa kredit. Pencairan kredit kepada masyarakat perlu dilakukan dengan baik agar tidak menimbulkan kredit macet.

Semua kegiatan yang dilakukan bank harus menggunakan tenaga manusia, sekalipun teknologi juga digunakan.

Dalam kaitannya dengan strategi wholesale banking, bank perlu SDM yang benar-benar bsia menjalankan strategi tersebut. Wholesale banking ini akan memasarkan sejumlah produk perbankan, bukan hanya kredit, namun produk lainnya juga membutuhkan tenaga pemasaran yang handal.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bagaimana bank menyikapi strategi terbaik untuk wholesale banking?
Bank bisa menerapkan berbagai macam strategi untuk memenangkan pasar, tapi strategi tersebut juga harus disesuaikan dengan pasar yang dimaksud. Produk perbankan memang cukup banyak dipasaran, bahkan banyak orang yang bingung bagaimana memilih produk perbankan yang tepat.

Kadang satu bank mengeluarkan produk baru, beberapa saat kemudian bank lainnya mengeluarkan produk baru juga. Wholesale banking merupakan suatu cara memasarkan produk perbankan secara besar-besaran. Produk yang diluncurkan bank harus dipasarkan tepat sasaran, jika produk tersebut tidak segera dipasarakan, pasar akan dikuasai oleh produk lainnya.

Bank bisa menyikapi strategi yang dilakukan oleh bank lainnya, masing-masing strategi yang diterapkan oleh bank tidaklah sama. Bank bisa mengambil sikap bijak untuk menentukan strategi yang tepat untuk wholesale banking-nya dengan menilai keunggulan dan kelemahan masing-masing strategi yang diterapkan bank lain. Sekalipun hal ini sulit, namun indikasi strategi yang digunakan masing-masing bank di pasaran tetap bisa dilihat oleh bank lain.

Berikut beberapa strategi wholesale banking melalui SDM yang handal:

1. Pemilihan SDM yang kompeten
Tidak semua SDM yang dimiliki bank memiliki kemampuan untuk memasarkan produk dengan baik. Sebelum bank mempekerjakan karyawan bidang pemasaran, bank bisa memilih SDM yang handal dan berkompeten. Melalui seleksi karyawan yang tepat maka bank bisa mendapatkan karyawan yang kompeten di bidangnya. Perekrutan ini merupakan tahap awal dari proses pencarian SDM yang diharapkan untuk menjalankan strategi wholesale banking.

2. Training
Training adalah salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan, jika perusahaan menginginkan SDM yang handal, maka training dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja karyawan sekaligus untuk membentuk karyawan yang diharapkan. Training perbankan bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik mendatangkan trainer ataupun training yang dilakukan oleh pihak intern bank yang sudah berpengalaman. Bank bisa mengirim beberapa karyawannya untuk mengikuti training, hal ini sangat bermanfaat bagi karyawan tersebut agar bisa bersaing untuk memasarkan produk perbankan.

3. Peningkatan mutu pendidikan
Pendidikan sangat penting saat seseorang bekerja di perbankan, bahkan perbankan akan memberikan persyaratan yang khusus diantaranya adalah standart pendidikan karyawan minimal harus S1. Pendidikan karyawan bisa lebih ditingkatkan dengan mengirim mereka untuk kuliah kembali di perguruan tinggi, hal ini adalah salah satu upaya bank untuk meningkatkan SDM yang lebih baik.

4. Peran aktif manajemen
Manajemen dalam perbankan bisa memberikan perhatian khusus untuk kualitas SDM yang dimiliki terutama untuk meningkatkan wholesale banking. Dengan kualitas SDM yang bagus maka pemasaran produk perbankan akan jauh lebih mudah, disini dibutuhkan peran manajemen untuk mengatur dan mengelola SDM dengan baik.

Strategi wholesale banking bisa berjalan dengan baik bila SDM yang digunakan lebih berpengalaman, memiliki pendidikan yang baik dan juga memiliki motivasi yang tinggi. Apapun produk yang dipasarkan bank akan tetap disukai dan digunakan konsumen jika strategi yang digunakan tepat sasaran.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!