Kredit Perumahan atau KPR yang Bagus

KREDIT PERUMAHAN ATAU KPR YANG BAGUS

Kredit perumahan atau KPR yang bagus, akan sangat diperlukan oleh keluarga atau perorangan yang berniat untuk mengajukan pinjaman ke Bank atau ke lembaga lain dalam urusan pembelian rumah atau properti lainnya. Hal itu sangat umum dilakukan, apalagi jika orang tersebut memiliki keterbatasan dana saat hendak melakukan proses pembelian. Ketika anda hendak mengajukan KPR,  ada beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan sebelum anda mengajukan kredit perumahan.

Pilihan Bank

Tips pertama memilih kredit perumahan atau KPR yang bagus adalah menentukan pilihan akan bank tujuan anda mengajukan KPR. Kini ada beberapa pilihan bank di Indonesia, baik bank negara ataupun swasta yang menyediakan fasilitas KPR untuk berbagai lapisan masyarakat, tentunya dengan berbagai macam sistem angsuran ataupun bunga KPR yang dibebankan pada pemohon KPR. Tanyakan informasi lengkap mengenai sistem pengajuan KPR pada beberapa bank yang ada di daerah anda pada pihak berwenang dalam bank, konsultan keuangan, atau kolega anda. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk menentukan kredibilitas bank dan keamanan anda saat ingin berinvestaasi di bidang properti dalam jangkan panjang.

Hitung Bunga KPR

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Tips kedua memilih kredit perumahan atau KPR yang bagus adalah penghitungan bunga KPR yang ditawarkan bank tujuan anda. Anda perlu menjadi orang yang jeli dan teliti dalam proses penghitungan bunga KPR jika anda tidak ingin merugi di kemudian hari. Anda perlu mengetahui besaran bunga KPR untuk menentkan jumlah angsuran yang harus anda bayar tiap bulannya. Ada tiga macam bunga yanga dipakai dalam penghitungan KPR, yaitu bunga tetap (jenis bunga ini besarannya tidak berubah di tiap angsuran), bunga menurun (suku bunga yang dihitung dari selisih sisa saldo bulan sebelumnya dengan saldo pada bulan terakhir), dan bunga pasar (besaran bunga angsuran dan angsuran pokok tiap bulannya bisa berbeda-beda). Untuk lebih amannya, pilihlah bank yang menawarkan KPR dengan suku bunga flat atau suku bunga menurun dan disesuaikan dengan budget anda.

Lama Waktu Angsuran

Tips ketiga memilih kredit perumahan atau KPR yang bagus adalah dengan memperhitungkan lama waktu angsuran. Anda harus mengetahui secara pasti berapa lama waktu angsuran untuk KPR yang anda ajukan. Hal ini karena pada umumnya, bank hanya akan menyetujui KPR dengan jangka waktu maksimal 15 tahun, dengan besaran angsuran maksimal sekitar 30% dari jumlah gaji pemohon KPR tiap bulannya. Semakin lama waktu angsuran maka akan semakin besar budget yang harus anda siapkan nantinya, seiring dengan kebutuhan anda dan keluarga yang tidak akan mungkin sama setiap bulannya.

Tipe Properti

Tips keempat memilih kredit perumahan atau KPR yang bagus bergantung pada tipe properti yang anda pilih. Seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan hunian yang nyaman, sekarang ini banyak agen-agen properti atau developer yang menawarkan berbagai macam jenis rumah di berbagai wilayah di Indonesia. Yang perlu anda lakukan adalah memilihtipe rumah, contohnya seperti tipe 21, tipe 36, atau tipe 45 yang nantinya akan disesuaikan dengan harga angsuran KPR per bulannya. Jika anda memilih hunian dari developer, pastikan bahwa rumah tersebut sudah dalam kondisi siap huni dalam lokasi dan model yang sesuai dengan keinginan anda.

Persyaratan Pengajuan KPR

Tips kelima memilih kredit perumahan atau KPR yang bagus berkaitan dengan kelengkapan syarat untuk pengajuan KPR. Umumnya untuk pengajuan KPR, anda akan diminta untuk mengumpulkan syarat seperti fotokopi slip gaji, fotokopi KTP pemohon, fotokopi KK, dan fotokopi buku tabungan. Anda juga pasti akan diminta menandatangani beberapa berkas yang berkaitan dengan pengajuan KPR. Untuk itu, akan lebih baik jika anda menanyakan sedetail mungkin persyaratan yang tertera dalam surat jika anda tidak ingin merasa dirugikan di kemudian hari. Akan lebih baik jika anda sudah memutuskan untuk memfokuskan pengajuan KPR pada satu bank untuk memimalisir pengeluaran biaya survey, dengan lama waktu pemrosesan KPR pada bank umumnya sekitar 1 minggu. Semoga tips akan pemilihan kredit perumahan atau KPR yang bagus diatas dapat membantu anda saat ingin mengajukan KPR.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!