Jobdes Manajer Kredit

Jobdes dan Tugas Manajer Kredit
Jobdes manajer kredit adalah bagian dari manajemen kredit/ manajemen perkreditan yaitu proses yang terjadi secara terintegrasi pada sumber dana yang berasal dari dana kredit, bisa juga proses yang terjadi pada alokasi dana yang bisa dijadikan kredit asalkan dengan perencanaan matang, adanya proses pengorganisasian, proses pemberian, proses administrasi dan juga memiliki pengamatan kredit yang baik. Tujuan manajemen kredit dilakukan untuk memiliki penghasilan yang cukup besar, selain itu juga untuk menjaga keamanan dan menumbuhkan rasa kepercayaan nasabah untuk menyimpan uangnya.

Fungsi dari kehadiran kredit
Adapun fungsi dari kredit adalah untuk meningkatkan jumlah daya guna dari barang yang ada, untuk meningkatkan peredaran dan juga alur dari lalulintas uang, menyokong stabilitas ekonomi masyarakat, menumbuhkan gairah dari masyarakat untuk meningkatkan level usaha, menjadi perantara untuk menumbuhkan pendapatan di tingkat nasional, dan sebagai alat yang berfungsi untuk meningkatkan hubungan eknonomi secara internasional.

Menurut kamusbesar.com, manajer kredit adalah pejabat pimpinan yang memiliki tugas untuk menentukan penilaian atas kredit nasabah, hal ini dilakukan sebagai hasil dari fungsi pengendalian. Manajer kredit adalah bagian dari direktur operasional selain HRD dan manajer keuangan.

HRD memiliki empat tugas utama yaitu menyusun segala bentuk rencana kerja bagi perusahaan kedepannya, mengawasi dan mengontrol pelaksanaan dari sumber daya alam yang sudah ada, mempersiapkan dan menyusun strategi dari kebijakan mengenai pengelolaan sumber daya manusia, lalu merancang dan menyiapkan perjanjian kerja bagi karyawan baru.

Kedua adalah manajer keuangan, ada empat tugas yang wajib diemban yaitu rencanakan dan mengananalisa tentang pembelanjaan yang sudah dilakukan oleh perusahaan, untuk mengatur adanya struktur aktiva yaitu struktur dari kekayaan perusahaan, untuk mengatur struktur dari sebuah financial,dan untuk mengatur struktur dari sebuah modal. Terakhir adalah jobdes manajer kredit yaitu mengendalikan semua transaksi yang dilakukan oleh nasabah dan mengatur segala bentuk pembayaran dari keuangan nasabah.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Perluasan dari pekerjaan manajer kredit
Karena jobdes manajer kredit sangat berkaitan dengan manajemen kredit, maka pembahasan akan lebih meluas ke bidang manajemen kredit. Anda sebagai nasabah harus bisa mempergunakan dan mengelola kredit dengan sebaik mungkin.

Anda juga harus mengenal seluk-beluk kredit dengan baik. Salah satu perbedaan antara kredit yang diluncurkan oleh lembaga keuangan dengan kredit yang diluncurkan oleh bank adalah bagaimana kredit tersebut dikelola dengan baik atau tidak.
Ada tujuh unsur-unsur kredit, yang pertama adalah ada atau tidaknya orang atau badan yang mempunyai uang, barang atau jasa. Orang atau badan tersebut adalah mereka yang mampu untuk memberikan pinjaman kepada pihak lain yang terkait seperti kreditur. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah apakah ada pihak yang membutuhkan atau bahkan adakah pihak yang akan meminjamkan uang, barang, atau jasa; dalam hal ini debitur. Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah apakah ada kepercayaan yang disepakti dari kreditur terhadap debitur atau tidak.

Hal keempat yang harus diperhatikan adalah apakah ada perjanjian dan kesanggupan untuk membayar yang dilakukan oleh debitur kepada debitur.

Hal kelima yang harus diperhatikan adalah perbedaan waktu, perbedaan ketika menyerahkan uang, barang, atau bahkan jasa yang dilakukan oleh kreditur ketika pembayaran kembali sudah dilakukan dari debitur. Hal keenam yang harus diperhatikan adalah kemungkinan akan adanya risiko karena unsur perbedaan waktu, dan hal terakhir ketujuh yaitu adanya kemungkinan bunga yang harus dibayar dari debitur kepada debitur lainnya.

Untuk melaksanakan pekerjaannya, seorang manajer kredit tentu saja memerhatikan jenis-jenis kredit yang dipakai oleh nasabahnya yaitu dari segi penggunaan kredit ada kredit konsumtif yaitu kredit yang dapat dipergunakan untuk membiayai pembelian dalam bentuk barang atau bisa juga dalam bentuk jasa. Tujuannya adalah agar barang atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan secara langsung untuk segala kebutuhan manusia yang ada pada saat ini.

Kredit yang kedua kredit modal kerja yaitu kredit yang berfungsi untuk membayar segala keperluan yang berkaitan dengan modal yang sifatnya lancar yaitu modal yang bisa habis ketika sekali produksi atau setelah beberapa kali produksi. Jenis-jenis kredit lainnya ada kredit inventaris dan kredit likuiditas.

Download NOW



GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!