Cara Menjual Produk Keuangan Perbankan

CARA MENJUAL PRODUK KEUANGAN PERBANKAN
Cara menjual produk keuangan perbankan umumnya harus dipahami betul oleh pihak bank, agar produk bank yang diperkenalkan nantinya mendapatkan respon positif dari masyarakat sebagai pengguna produk yang ditawarkan. Ada beberapa produk yang umum ditawarkan oleh pihak bank kepada masyarakat seperti tabungan, deposito, kredit atau investasi perbankan. Produk-produk tersebut dikeluarkan, pastinya dengan perhitungan keuntungan dan kerugian yang mungkin dialami pihak bank selama menjalankan program tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara umum yang ditempuh oleh pihak bank sebagai cara menjual produk keuangan perbankanyang dimilikinya.

Promosi Tabungan

Ada beberapa jenis tabungan yang dikenal oleh masyarakat awam dan umumnya tabungan yang dikenal oleh masyarakat dibedakan berdasarkan besarnya setoran awal, besaran bunga yang ditawarkan, pemilik rekening tabungan, dan tujuan seseorang membuka tabungan. Dalam dunia perbankan, bank negara ataupun swasta yang kredibilitasnya terkenal baik di kalangan masyarakat tentu tidak akan sulit mendapatkan nasabah. Oleh karena itu, cara menjual produk keuangan perbankan berupa tabungan ini biasanyalangsung dilakukan dengan menjadi sponsor hadiah untuk acara tertentu yang diadakan dalam skala besar atau melibatkan banyak partisipan. Dengan cara tersebut, pihak bank mampu melakukan edukasi singkat akan pentingnya kesadaran dalam diri masyarakat untuk menyisihkan uang demi kebutuhan di masa mendatang.Cara ini tentu tidak sulit dilakukan oleh pihak bank, karena umumnya tabungan juga dinilai sebagai investasi dengan resiko yang minimalis.

Brosur dan Konsultan Produk Perbankan

Ketika anda datang ke sebuah bank anda pasti melihat banyak sekali brosur yang ditempatkan di kotak khusus dengan letak berdekatan dengan customer service. Brosur juga menjadi salah satu cara menjual produk keuangan perbankan yang menyediakan gambaran kasar mengenai berbagai produk yang ditawarkan oleh suatu bank. Brosur produk perbankan umumnya dibuat seefisien mungkin untuk memberi informasi umum keuntungan yang akan didapatkan oleh para nasabah yang hendak melakukan investasi malalui produk tersebut. Oleh pihak bank, umumnya ada tim khusus marketing yang dapat menyediakan informasi detail produk bank dan umumnya satu tim hanya menguasai satu produk investasi saja. Hal tersebut karena masing-masing tim harus mampu menjadi konsultan ahli produk perbankan yang memberi info kerugian dan keuntungan yang diperoleh nasabah dalam masa investasi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Edukasi Masyarakat

Cara menjual produk keuangan perbankan yang berikutnya berkaitan dengan edukasi masyarakat. Edukasi ini dilakukan oleh tim khusus bank yang memang sudah menguasai manajemen resiko produk perbankan. Edukasi ini dilakukan dengan pengadaan seminar perbankan yang umumnya bekerjasama dengan lembaga dunia keuangan atau fakultas dengan jurusan ekonomi. Edukasi produk dunia perbankan juga dapat dilakukan dengan perorangan yang datang ke bank untuk mendapat informasi lengkap mengenai produk tertentu. Edukasi ini penting dilakukan untuk memberi informasi mengenai perbedaan produk yang diberikan langsung dan tidak langsung oleh bank. Beberapa produk yang kadang sering disalah artikan sebagai produk bank namun sebenarnya bukan meruapakan produk resmi dari bank, contohnya adalah produk asuransi.

Investasi Perbankan

Cara menjual produk keuangan perbankan yang berikutnya berkaitan dengan produk investasi perbankan. Produk investasi perbankan seperti reksadana, obligasi, dan saham jika dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan baik untuk pihak bank maupun pihak nasabah. Penempatan orang yang ahli sebagai penanggung jawab produk investasi akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk dan menaikkan kredibilitas dari bank tersebut. Sehingga dalam pemasaran produk berikutnya, pasar akan lebih mudah percaya akan tingkat keamanannya.

Melihat Pangsa Pasar

Cara menjual produk keuangan perbankan berikutnya adalah memperhatikan pangsa pasar. Pihak bank dapat mengeluarkan berbagai jenis produk dengan kriteria tingkatan masyarakat yang menjadi tujuannya. Contohnya saja untuk produk kredit KPR yang dikeluarkan oleh bank, ketentuan yang menyertainya dapat berbeda disesuaikan dengan kemampuan ekonomi nasabah. Sama halnya dengan produk deposito. Ada produk deposito khusus yang diperuntukkan untuk kalangan menengah keatas, namun ada juga produk deposito yang dihususkan untuk kalangan menengah bawah. Semoga informasi mengenai cara menjual produk keuangan perbankan akan menambah pengetahuan anda mengenai produk perbankan di sekitar anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!