Cara Menangani Kredit Macet Bank

Cara-Cara Bank Dalam Menumpas Kredit Macet
Permasalahan dalam penagihan kredit membuat bank harus mengeluarkan jurus sebagai cara menangani kredit macet bank. Bila Anda merasa dipusingkan karena usaha yang kurang mendapat keuntungan dan seret membayar tagihan bank, maka pihak bank pun merasakan hal yang sama. Setiap kredit diberikan lengkap bersama resikonya. Itulah tugas bank untuk menguasai resiko bila terjadi keseretan dalam pembayaran.

Sebelum memberikan pinjaman terhadap seorang nasabah, perlu diingatkan kembali 4 asas kredit sehat yaitu: bank tidak boleh memberi pinjaman bila tidak ada perjanjian hitam di atas putih, bank tidak boleh memberi pinjaman terhadap usaha yang tidak sehat atau bermasalah dan cenderung merugi, bank tidak boleh memberi pinjaman untuk dipakai sebagai modal jual beli saham, dan bank tidak boleh memberikan pinjaman melebihi batas maksimal pemberian kredit. Guna meyakinkan bank, pinjaman dapat diberikan atas dasar jaminan atau kemampuan melunasi pembayaran. Jaminan tersebut selanjutnya dapat berpindah kepemilikan kepada bank bila nasabah tidak dapat melunasi pembayaran.

Mengetahui Sebab Kredit Bermasalah
Mengetahui sebab masalah dapat menjadi dasar menemukan solusi. Maka kita tilik apa penyebab masalah pada perkreditan. Tidak semua pinjaman sempurna dalam pembayaran. Suatu ketika, kemungkinan tidak dibayar dapat datang dari semua nasabah termasuk nasabah yang tertib sekalipun. Faktor pemicunya bisa sangat sederhana yaitu lupa. Tetapi bisa saja karena sumber dana untuk membayar tagihan sedang mengalami pailit atau penurunan laba usaha. Tapi, kesalahan dalam kredit bermasalah tidak melulu datang dari pihak nasabah. Bank pun dapat menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

Faktor dalam bank ini dapat bersumber dari lemahnya kemampuan analisa. Juga tidak adanya koordinasi yang baik di dalam tim.

Contohnya, saat mempertimbangkan permohonan pinjaman, pihak pemutus perkara tidak memperhatikan pendapat komite kredit, tidak memperhatikan nilai pinjaman yang melampaui nilai jaminan dan tidak menyadari keabsahan dokumen pendukung yang diberikan oleh nasabah. Berikutnya adalah sistem pada infornasi yang kurang, kelemahan dalam pencatatan dan pengontrolan. Selanjutnya keteledoran bank memberi pinjaman terhadap nasabah yang mempunyai hubungan dekat dengan petugas. Yang terakhir adalah ikatan terhadap jaminan yang kurang kuat. Jaminan seharusnya cukup nilainya. Sebelum mengungkap cara menangani kredit macet bank, kita lihat terlebih dahulu kriteria kredit macet.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Langkah-Langkah Yang Diambil Oleh Bank
Suatu pinjaman dikatakan macet apabila memenuhi setidaknya tiga kriteria yaitu: jaminan ternyata tidak bisa dicairkan dengan nilai yang wajar, gali lubang tutup lubang (melunasi pinjaman satu dengan meminjam yang lain, dan mempunyai tunggakan selama 9 bulan (satu bulan dihitung 30 hari). Untuk menyelesaikan permasalahan ini, bank mempunyai langkah bersahabat yaitu: menata kembali. Ini dilakukan dengan menjadikan tunggakan yang dimiliki nasabah menjadi pokok pinjaman yang baru.

Cara menangani kredit macet ini disebut juga restructuring. Selanjutnya adalah menjadwalkan ulang pembayaran yang harus dilakukan oleh nasabah. Langkah ini dinamakan dengan rescheduling. Solusi ini juga menjadwalkan ulang tenggat waktu dan jumlah nominal angsuran. Jalan yang ketiga adalah dengan reconditioning. Reconditioning dilakukan dengan merubah syarat tak terbatas pada jangka waktu, jadwal pelunasan dan lainnya.

Apabila jalan di atas dikatergorikan bersahabat, maka berikut ini kurang bersahabat karena memasukkan perkara kredit ke dalam ranah hukum.

Biasanya lembaga hukum tertentu dimintai pertolongan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Lembaga yang dimaksud yaitu PUPN dan BUPN, meja hijau (gugatan atau somasi), BAPS atau artbitrase dan BPPN. Setiap badan memiliki cara yang berbeda dalam menangani kasus kredit ini. Waktu yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Untuk penngan kredit macet yang tercepat adalah melalui arbitrase. Kelebihan lain menggunakan jasa arbiter ialah kerahasiaan atas permasalahan.

Persengketaan diselesaikan dengan cara tertutup. Hal ini bertujuan untuk saling menjaga nama baik antara dua pihak yang bersengketa. Putusan yang diambil bersifat mengikat namun praktis dapat dilaksanakan dengan segera.

Namun, tidak jarang pula bank memilih meja hijau untuk menyelesaikannya. Secara garis besar, semua bank menjalankan langkah-langkah tersebut untuk menangani atau mencegah kredit macet. Meski demikian, jenis-jenis bank yang lain dan lembaga keuangan yang lain bisa saja memiliki cara menangani kredit macet yang lain dalam menumpas kredit macet.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!